Akademik‎ > ‎

Jalur Seleksi Masuk

Dalam rangka menjaring calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan akademik, motivasi yang tinggi, dan keterampilan untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tepat waktu, Program Pascasarjana Ian Manado membuka pendaftaran mahasiswa baru Program Magister (S2) secara online, dengan jalur mandiri (biaya sendiri atau sponsor lain).

PELAKSANAAN SELEKSI
Seleksi calon mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Manado dilaksanakan pada setiap bulan April sampai dengan bulan Juni tahun berjalan.

PERSYARATAN
Persyaratan calon mahasiswa pada program Program Pascasarjana IAIN Manado adalah:
  1. Memiliki Ijazah Sarjana (S1) dari Program Studi yang terakreditasi BAN-PT atau bagi lulusan PT Luar Negeri harus mendapatkan legalitas kesetaraan ijazah dari Ditjen Dikti.
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif ≥ 2,75 (pada skala 0-4) atau ≥ 6,25 (pada skala 0-10).
  3. Memiliki Sertifikat TPA dengan nilai minimal 450, Test of English as a Foreign Language (TOEFL)/Test of Arabic as a Foreign Language (TOAFL) dari lembaga yang diakui oleh Program Pascasarjana IAIN Manado dengan nilai minimal 450.
  4. Mengikuti seleksi yang diadakan oleh Program Pascasarjana IAIN Manado dengan mata uji Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.
  5. Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi diwajibkan mendaftar ulang dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Program Pascasarjana IAIN Manado.
  6. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus wajib mengikuti kegiatan matrikulasi yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana IAIN Manado.
PROSDUR PENDAFTARAN
Calon Mahasiswa mengajukan lamaran tertulis dan mengisi formulir yang telah disediakan dan ditujukan kepada: PENYELENGGARA PROGRAM PASCASARJANA IAIN MANADO, JL. DR. S. H. SARUNDAYANG KAWASAN RING ROAD I KOTA MANADO, TELP./FAX (0431) 860616 MANADO 95128. Permohonan dilampiri masing-masing rangkap tiga, meliputi:
  1. Salinan ijazah sarjana yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.
  2. Transkip nilai sarjana yang telah disahkan pejabat yang berwenang. Bagi lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang lulus sebelum dihapuskannya kebijakan ujian negara harus menyerahkan nilai ujian negara.
  3. Surat rekomendasi dari dua orang yang dianggap mampu memberikan jaminan kelayakan akademik pelamar.
  4. Draft (proposal) penelitian/rencana usul penelitian tesis sesuai dengan disiplin  keilmuan yang dipilih.
  5. Daftar Riwayat Hidup.
  6. Surat keterangan kesehatan, termasuk Bebas Narkoba dari yang berwenang.
  7. Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan/diizinkan dari tugas-tugas instansi.
  8. Pas-foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar  berlatar belakang biru.
  9. Fotokopi sertifikat TOEFL dan atau TOAFL dari lembaga yang diakui oleh Program Pascasarjana IAIN Manado dengan nilai minimal 450 (jika ada).
  10. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
ą
Pascasarjana IAIN MANADO,
8 Jan 2018 05.08
ą
Pascasarjana IAIN MANADO,
8 Jan 2018 05.08
ą
Pascasarjana IAIN MANADO,
8 Jan 2018 05.10
ą
Pascasarjana IAIN MANADO,
8 Jan 2018 05.14
Comments