Arsip‎ > ‎

Agenda

Prodi PAI Terima Jadwal Visitasi BAN-PT

diposting pada tanggal 28 Mar 2018 17.51 oleh Ardianto Tola   [ diperbarui28 Mar 2018 17.52 ]

IAIN Manado - Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Pascasarjana IAIN Manado setelah sekian lama menunggu jadwal visitasi untuk akreditasi program studi, pekan lalu resmi mendapat jadwal visitasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kegiatan visitasi yang akan berlangsung pada 03 s.d. 05 April 2018 pekan depan itu akan dilakukan oleh Tim Asesor yang telah ditugaskan oleh BAN-PT, yaitu masing-masing Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag (IAIN Tulungagung) dan Prof. Dr. Hasan Asari, M.A (UIN Sumatra Utara). 

Menyambut kegiatan visitasi Prodi PAI, Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd, mengharapkan agar semua pihak dapat berkontribusi, memberikan dukungan, dan ikut terlibat dalam proses mulai dari persiapan hingga pelaksanaan kegiatan visitasi. Ia juga berharap, proses penilaian lapangan dalam rangka akreditasi Prodi PAI itu memperoleh hasil yang maksimal. 

"Tim penyusun borang akreditasi dengan dukungan ketua Program Studi dan para dosen serta staf administrasi sejauh ini telah bekerja secara maksimal mempersiapkan kegiatan akreditasi", ungkap Rivai Bolotio. "Selanjutnya, kita serahkan pada Tim Asesor BAN-PT untuk melakukan penilaian, namun kita berharap tentunya Prodi PAI mendapat opini akreditasi yang memuaskan", lanjutnya. (at)

PASCASARJANA IAIN MANADO KEMBALI AKAN GELAR IPRC

diposting pada tanggal 18 Feb 2018 05.46 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui18 Feb 2018 08.23 ]

IAIN MANADO - Setelah sukses melaksanakan kegiatan serupa pada tahun 2016 lalu, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado kembali akan menyelenggarakan International Postgraduate Research Conference (IPRC). Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada 6 - 8 April 2018 mendatang dan akan menghadirkan beberapa narasumber tamu sebagai keynote speaker, antara lain Prof. Mohd. Afandi Salleh (Univesiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia), Prof. Sukree Langputeh (Fatoni University, Thailand), Baiq Wardhani, Ph.D (Centre for South East Asia Studies; National Chengchi University Taipei, Taiwan; dan International Relation Department Faculty of Social Sciences Airlangga University Surabaya, Indonesia), Suyatno, Ph.D (Univesiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia), dan Ismail Suwardi Wekke, Ph,D (STAIN Sorong & Presiden Southeast Asia Academic Mobility). 

Selain itu, pada International Event ini juga akan melibatkan narasumber dari kalangan dosen IAIN Manado antara lain Dr. Rukmina Gonibala, M.Si (Pakar Sosiologi), Dr. Rivai Bolotio, M.Pd (Pakar Manajamen Pendidikan), Dr. Nasrudddin Yusuf, M.Ag (Pakar Pengkajian Islam/Ushul Fiqih), Dr. Naskur, M.HI (Pakar Kompilasi Hukum Islam), Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag (Pakar Pemikiran Islam/Pemikiran Tasawuf), Delmus Puneri Salim, M.Res., M.A., Ph.D (Pakar Politik Islam), Sulaiman Mappiasse, Lc., M.Ed., Ph.D (Pakar Sosiologi Pendidikan), Dr. Ardianto, M.Pd (Pakar Sosiopragmatik), Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I (Pakar Pendidikan Islam), Dr. Husni Idris, M.Pd (Pakar Teknologi Pembelajaran), Dr. Rosdalina Bukido, M,Hum (Pakar Ilmu Hukum), Dr. Musdalifah Dachrud, S.Psi, M.Si., Psi. (Pakar Psikologi Abnormal), Dr. Edi Gunawan, M.HI (Pakar Hukum Islam), Dr. Ahmad Rajafi, M,HI (Pakar Hukum Keluarga), Dr. Arhanuddin, M.Pd.I (Pakar Pendidikan Islam), dan Dr. Hadirman, M.Hum (Pakar Tradisi Lisan)  

Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd, dikonfirmasi soal rencana kegiatan IPRC yang ke-2 ini mengemukakan bahwa pelaksanaan kegiatan International Postgraduate Research Conference ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang telah dirintis oleh Program Pascasarjana IAIN Manado dengan berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Pada IPRC ke-1 yang dilaksanakan pada tahun 2016 lalu, Program Pascasarjana IAIN Manado bersama dengan beberapa perguruan tinggi lainnya yang turut hadir telah menyepakati pembentukan forum akademik yang diberi nama SEAAM (Southeast Asia Academic Mobility) yang menjadi wadah komunikasi dan pengembangan akademik bersama. Dan, International Postgraduate Research Conference adalah salah satu kegiatan SEAAM yang dilaksanakan secara berkelanjutan. (at)

Ujian Kelayakan Tesis

diposting pada tanggal 19 Jan 2018 22.21 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui20 Jan 2018 18.43 ]

Program Pascasarjana IAIN Manado, Selasa (23/01/2018) akan melaksanakan Ujian Kelayakan Tesis bagi 3 (tiga) mahasiswa Angkatan 2015-2016. Ketiga mahasiswa yang akan diuji kelayakan tesisnya, yaitu:
  1. Verawati Mokoagow (Prodi Pendidikan  Agama Islam)
  2. Ferawati H. Mamonto (Prodi Pendidikan  Agama Islam)
  3. Masda Mohamad (Prodi Manajemen Pendidikan Islam)
Ujian Kelayakan Tesis merupakan tahapan yang wajib ditempuh mahasiswa sebelum menggelar Ujian Tesis/Gelar Magister. Tahapan ini merupakan salah satu prosedur mutu dan pengendalian standar mutu tesis yang ditetapkan pada Program Pascasarjana IAIN Manado.

Hal yang diuji atau dinilai ialah standar keilmiahan karya tesis, yang meliputi: (a) ketepatan dan kesesuaian rumusan masalah/pertanyaan penelitian, deskripsi teori, paparan data, dan kesimpulan penelitian; (b) ketepatan metodologi penelitian yang digunakan; (c) relevansi teori dan kecukupan referensi yang digunakan; (d) kecukupan data penelitian; (e) kedalaman analisis dan kualitas pembahasan hasil penelitian; (f) originalitas penelitian (replikasi, duplikasi, atau plagiasi); (g) kaidah pengutipan/perujukan dan penulisan daftar pustaka; (h) sistematika penulisan tesis (kesesuaian dengan pedoman penulisan tesis); dan (i) penggunaan bahasa.

Short-Training Manajemen Administrasi Berbasis IT

diposting pada tanggal 15 Des 2017 05.32 oleh Pascasarjana IAIN MANADO

Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas kinerja di Program Pascasarjana IAIN Manado, pihak pengelola mengadopsi sistem administrasi berbasis Google Cloud, termasuk Google sites. Sistem ini akan menopang pelaksanaan tata kelola Program Pascasarjana ke depan.

Agar supaya sistem ini berhasil, pihak Program Pascasarjana melaksanakan pelatihan singkat untuk para administrator dan pejabat terkait.

Short-Training akan dilaksanakan pada hari Senin, 18/12/2017, di ruang rapat Program Pascasarjana.


1-4 of 4