Arsip‎ > ‎

Agenda

FUAD-Pascasarjana Kerja Sama Hadirkan Profesor Azyumardi Azra

diposting pada tanggal oleh Ardianto Tola   [ diperbarui ]

IAIN Manado - Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Manado bekerja sama dengan Program Pascasarjana pada Senin (24/12/2018, pukul 08-12.00) menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Sejarah Islam Sulawesi dalam Bingkai Islam Indonesia dan Dunia”. Tidak tanggung-tanggung, narasumber yang dihadirkan adalah Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A., C.B.E., sejarawan Islam dan cendekiawan muslim Indonesia. 

Ketua Panitia Seminar, Delmus Puneri Salim, M.A., M.Res., Ph.D, dosen Program Pascasarjana IAIN Manado, mengungkapkan bahwa dalam rangka penguatan wawasan sejarah Islam bagi para mahasiswa IAIN Manado khususnya mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah sangat penting dilakukan seminar tentang sejarah Islam khususnya sejarah Islam Sulawesi dan pemilihan narasumbernya pun perlu mempertimbangkan bidang kepakaran. "Dan, Prof Azyumardi sangat tepat dihadirkan sebagai pakar dan peneliti sejarah Islam yang mumpuni" ungkapnya. Ia juga berharap bahwa kehadiran Prof Azyumardi memberikan kuliah tamu di kampus IAIN Manado ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa Program Pascasarjana.

Kerja sama Program Pascasarjana dalam penyelenggaraan kegiatan ini disambut baik oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Manado, Dr. Salma, M,HI.  Demikian pula, Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd memberikan apresiasi atas prakarsa kerja sama kegiatan ini. Terkait dengan topik seminar nasional yang akan dibahas juga diapresiasi oleh Rivai Bolotio. Menurutnya perkembangan Islam di Sulawesi menarik untuk dibahas, karena akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas. "Dengan membahas proses masuk dan berkembangnya Islam di Sulawesi kita dapat mengetahui kerajaan-kerajaan dan raja yang berpengaruh terhadap perkembangan Islam, tradisi dan bukti perkembangan Islam di Sulawesi, beserta cara agama Islam masuk ke Sulawesi". ungkap Rivai Bolotio.

Kegiatan seminar nasional yang akan diikuti oleh dosen dan mahasiswa (program sarjana dan magister) IAIN Manado, serta unsur kalangan umum dan undangan itu bertempat di Aula Program Pascasarjana IAIN Manado. (ar)

Kuliah Tamu, Pascasarjana Akan Hadirkan Profesor UNY

diposting pada tanggal 17 Des 2018 00.46 oleh Ardianto Tola   [ diperbarui17 Des 2018 04.39 ]

IAIN Manado - Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado di akhir tahun 2018 ini kembali akan selenggarakan kuliah tamu bertajuk "Paradigma Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan dan Sosial-Humaniora: Perspektif Transdisipliner". Narasumber yang akan dihadirkan adalah Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum, Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta.

Pelaksanaan kegiatan kuliah tamu yang akan berlangsung pada Kamis (20/12/2018) Pukul 09.00 sampai selesai ini akan diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Manado, mahasiswa program sarjana, dan dosen pada program sarjana dan program magister.

Kegiatan kuliah tamu yang rencananya akan dibuka langsung oleh Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado ini turut didukung oleh Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Sulawesi Utara. Oleh karena itu, kuliah tamu yang akan dilaksanakan di Aula Program Pascasarjana IAIN Manado juga rencananya akan diikuti oleh Pengurus dan Anggota HISKI Sulawesi Utara. (at)

Pascasarjana Akan Datangkan Profesor dari Azim Premji University, India

diposting pada tanggal 15 Nov 2018 07.58 oleh Ardianto Tola   [ diperbarui15 Nov 2018 08.19 ]

IAIN Manado - Belajar dari pen
galaman India, negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua setelah China, dalam membangun pendidikannya, Program Pascasarjana IAIN Manado akan menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk "School for All: Comparing Indonesia and India" dengan narasumber Profesor V. Santhakumar, Ph.D,  Guru Besar Azim Premji University, India. Profesor Santhakumar adalah dosen dan peneliti yang telah menghasilkan sejumlah buku dalam bidang pendidikan dan ekonomi. Selain itu, pemikiran-pemikirannya tentang pengembangan pendidikan dan pembangunan ekonomi juga termuat dalam publikasi artikel ilmiahnya di berbagai jurnal internasional. Lebih lanjut tentang profil Prof Santhakumar
dapat dilihat pada https://azimpremjiuniversity.edu.in/SitePages/v-santhakumar.aspx.

Kuliah tamu yang akan diselanggarakan pada Senin (19/11/2018) itu akan diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Pascasarjana dari semua program studi. Melalui kuliah tamu tersebut diharapkan mahasiswa memperoleh penguatan akademik dan perspektif keilmuan yang lebih kaya sehingga para mahasiswa memiliki wawasan ilmu yang luas dan dapat merancang penelitian tesis dengan beragam topik.

Kemajuan India dalam ilmu pengetahuan dan teknologi harus diakui dan karena itu layak untuk dipelajari. Negara itu telah melahirkan sejumlah pemenang Nobel, antara lain Amartya Sen (ekonomi), Subrawanian Chandrashekar dan Chandrashekar Venkataraman (fisika), Hargobind Khorana (kedokteran). Dua warga India lainnya, Bunda Theresa memenangi Nobel Perdamaian dan Rabindranath Tagore di bidang sastra.

India juga merupakan salah satu contoh negara yang memiliki sistem dan visi pendidikan yang kuat. India adalah contoh negara yang konsisten dalam mempertahankan sistem pendidikan nasionalnya. Pendidikan di India difokuskan kepada pemenuhan kebutuhan akan generasi yang kuat melalui penciptaan dan penguatan jaringan kesejahteraan sosial dan pembangunan keahlian tenaga kerja. Kebijakan dan program pendidikan di India terbangun dari tiga pilar yang mendasar. Pertama, perluasan akses pendidikan. Kedua, persamaan layanan pendidikan bagi kelompok-kelompok minoritas. Dan, ketiga, kualitas dan keunggulan. 

Kurikulum pendidikan di India, dari tingkat sekolah dasar hingga jenjang pendidikan tinggi diatur oleh pemerintah negara bagian, sehingga kekuatan dan mutu pendidikan di setiap daerah di negara bagian sama. Karenanya, dalam hal pendidikan masyarakat, baik masyarakat desa maupun masyarakat kota relatif merata. Dalam hal biaya pendidikan, pemerintah India juga intensif mengaturnya sehingga setiap warga negara memperoleh akses pendidikan yang sama, semua dapat diakses oleh masyarakat dari berbagai golongan, yang kaya maupun yang miskin.

Untuk menyimak bagaimana pengalaman India membangun pendidikannya terutama sekolah-sekolah di negara itu dan bagaimana pula perbandingannya dengan Indonesia, maka kuliah tamu yang akan digelar di Aula Program Pascasarjana (19-11-2018, Pukul 13.00 - selesai) itu sangat sayang untuk tidak diikuti khususnya bagi para mahasiswa.   

Gelar Kuliah Tamu, Pascasarjana Akan Hadirkan Muh. Adib Abdushomad, Ph.D

diposting pada tanggal 4 Nov 2018 22.28 oleh Ridwan Ilahude   [ diperbarui5 Nov 2018 01.19 ]

IAIN Manado - Sebagai wujud komitmen Program Pascasarjana IAIN Manado dalam meningkatkan wawasan akademik dan penguatan keilmuan mahasiswa program magister, pada Rabu (7/11/2018) pukul 13.00 akan digelar kuliah tamu dengan menghadirkan narasumber Muhammad Adib Abdushomad, M.Ag, M.Ed, Ph.D (Kepala Seksi Pengembangan Profesi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Subdirektorat Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama). 

Pelaksanaan kuliah tamu yang rencananya dilaksanakan di Gedung Aula Program Pascasarjana IAIN Manado itu akan diikuti oleh seluruh mahasiswa program magister pada empat program studi, yaitu Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Keluarga, dan Ekonomi Syariah. Kegiatan ini juga akan turut dihadiri oleh dosen Program Pascasarjana.

Direktur Program Pascasarjana, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd, dikonfirmasi soal rencana kuliah tamu tersebut mengungkapkan bahwa pelaksanaan kuliah tamu pada Program Pascasarjana memang merupakan tradisi akademik yang dikembangkan secara berkelanjutan. "Kita selalu berusaha memanfaatkan beragam narasumber dalam dan luar negeri", tegasnya. Karena itu, ia menghimbau kepada seluruh mahasiswa untuk mengikuti kegiatan kuliah tamu agar terus dapat meningkatkan wawasan dan memperoleh tambahan informasi perkembangan bidang ilmu dan trend metodologi yang berkembang dalam bidang kajian keislaman.  

UJIAN TESIS an. Gina Nurvina Darise

diposting pada tanggal 20 Sep 2018 02.30 oleh Iftirani Tawo


Nama

:

Gina Nurvina Darise

NIM

:

15.1.1.00008

Program Studi

:

Pendidikan Agama Islam (PAI)

Pembimbing I   

:

Dr. Rivai Bolotio, M.Pd.

Pembimbing II  

:

Dr. Ishak Talibo, M.Pd.I.

Waktu

:

Jumat, 21 September 2018

Pukul

:

09.00 s.d. 11.00 WITA

Tempat

:

Gedung Aula Pascasarjana

Judul Tesis

:

Multiple Intelligences dan Hubungannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa IAIN Manado.

 

No.

Penguji

Kedudukan

1.

Dr. Rivai Bolotio, M.Pd.

Ketua Dewan Penguji

2.

Dr. Ardianto, M.Pd.

Sekretaris Dewan Penguji

3.

Dr. Rukmina Gonibala, M.Si.

Dewan Penguji I

4.

Dr. dr. Taufik Pasiak, M.Pd.I., M.Kes

Dewan Penguji II

5.

Dr. Musdalifah Dachrud, M.Si, Psi.

Dewan Penguji III

 

IPRC 2019 di Krabi, Thailand

diposting pada tanggal 6 Sep 2018 08.24 oleh Ardianto Tola

IAIN Manado - Dimulai dari I
nternational Postgraduate Research Conference (IPRC) yang bertempat di IAIN Manado pada November 2016, atas prakarsa Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado bersama dengan dosen Universitas Airlangga Surabaya, STAIN Sorong, dan Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia, membentuk Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM). Forum SEAAM yang dideklarasikan bersama 16 perguruan tinggi yang hadir dalam kegiatan IPRC yang pertama di Manado selanjutnya menyepakati untuk menjadikan IPRC sebagai agenda akademik rutin forum SEAAM.

Pada April 2018, IPRC yang kedua kembali sukses dilaksanakan di Manado atas komitmen Program Pascasarjana IAIN Manado menjadikan IPRC sebagai agenda rutin SEAAM. Pada IPRC yang kedua ini selain partsipasi dan kehadiran pembicara dan peserta dari berbagai perguruan tinggi dalam negeri yang semakin meningkat, juga kehadiran pembicara dari perguruan tinggi luar negeri juga bertambah, dimana selain dari Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia, juga hadir dari Fatoni University, Thailand.
 
Kehadiran delegasi Fatoni University, Thailand yang diwakili oleh Prof. Sukree Langputeh pada IPRC kedua yang kembali dilaksanakan di Manado itu menjadi momentum penting kesepakatan pelaksanaan IPRC 2019 di Krabi, Thailand. (at)
 

Jadwal Matrikulasi Tahun Akademik 2018-2019

diposting pada tanggal 31 Agu 2018 01.42 oleh Iftirani Tawo   [ diperbarui 2 Sep 2018 05.09 oleh Ridwan Ilahude ]



Sosialisasi Pembelajaran dan Pedoman Akademik

diposting pada tanggal 30 Agu 2018 15.26 oleh Ardianto Tola   [ diperbarui30 Agu 2018 16.48 ]

Untuk memberikan informasi tentang perkuliahan, pedoman akademik, dan program-program akademik kepada mahasiswa baru Program Pascasarjana  IAIN Manado Tahun Akademik 2018-2019, akan diadakan sosialisasi pembelajaran (sospem), pedoman akademik, dan program-program akademik yang ada pada Program Pascasarjana  IAIN Manado. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Jumat, 31 Agustus 2018
Pukul                : 13.00 - Selesai
Tempat            :  Aula PPs

Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Program Pascasarjana  IAIN Manado Tahun Akademik 2018-2019. Selain itu, juga sangat diharapkan kehadiran seluruh dosen Program Pascasarjana karena selain agenda sosialisasi pembelajaran, pedoman akademik, dan program-program akademik, juga sekaligus temu akrab mahasiswa baru dengan dosen.  

Ujian Komprehensif Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Tahun 2018

diposting pada tanggal 27 Agu 2018 19.18 oleh Iftirani Tawo   [ diperbarui27 Agu 2018 19.22 ]


Laksanakan Kuliah Tamu, Program S1 dan S2 Prodi MPI Kolaborasi

diposting pada tanggal 27 Agu 2018 06.16 oleh Ardianto Tola   [ diperbarui27 Agu 2018 06.26 ]

Memasuki Perkuliahan untuk Tahun Akademik 2018-2019, Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana IAIN Manado akan menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk "Manajemen Pendidikan Islam di Era Disrupsi dan Revolusi Industri 4.0". Kegiatan kuliah tamu yang diselenggarakan bekerja sama dengan Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado akan menghadirkan dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Zainal Arifin, M.SI, sebagai narasumber.

Dr. Zainal Arifin, M.SI adalah dosen pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ia juga merupakan Sekjen Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) Indonesia.

Kegiatan kuliah tamu akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal     : Selasa, 28 Agustus 2018
Tempat              : Aula PPs IAIN Manado
Pukul                  : 09.00 - Selesai

Kegiatan kuliah tamu ini akan diikuti oleh dosen dan mahasiswa Program S2 dan S1 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Selain itu, juga akan diikuti oleh dosen dan mahasiswa Program S2 Pendidikan Agama Islam dan Pengurus Forum Mahasiswa Program Pascasarjana (FORMAPAS) IAIN Manado. 

1-10 of 15