Arsip‎ > ‎Agenda‎ > ‎

FUAD-Pascasarjana Kerja Sama Hadirkan Profesor Azyumardi Azra

diposting pada tanggal 18 Des 2018 07.14 oleh Ardianto Tola   [ diperbarui18 Des 2018 07.17 ]
IAIN Manado - Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Manado bekerja sama dengan Program Pascasarjana pada Senin (24/12/2018, pukul 08-12.00) menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Sejarah Islam Sulawesi dalam Bingkai Islam Indonesia dan Dunia”. Tidak tanggung-tanggung, narasumber yang dihadirkan adalah Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A., C.B.E., sejarawan Islam dan cendekiawan muslim Indonesia. 

Ketua Panitia Seminar, Delmus Puneri Salim, M.A., M.Res., Ph.D, dosen Program Pascasarjana IAIN Manado, mengungkapkan bahwa dalam rangka penguatan wawasan sejarah Islam bagi para mahasiswa IAIN Manado khususnya mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah sangat penting dilakukan seminar tentang sejarah Islam khususnya sejarah Islam Sulawesi dan pemilihan narasumbernya pun perlu mempertimbangkan bidang kepakaran. "Dan, Prof Azyumardi sangat tepat dihadirkan sebagai pakar dan peneliti sejarah Islam yang mumpuni" ungkapnya. Ia juga berharap bahwa kehadiran Prof Azyumardi memberikan kuliah tamu di kampus IAIN Manado ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa Program Pascasarjana.

Kerja sama Program Pascasarjana dalam penyelenggaraan kegiatan ini disambut baik oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Manado, Dr. Salma, M,HI.  Demikian pula, Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd memberikan apresiasi atas prakarsa kerja sama kegiatan ini. Terkait dengan topik seminar nasional yang akan dibahas juga diapresiasi oleh Rivai Bolotio. Menurutnya perkembangan Islam di Sulawesi menarik untuk dibahas, karena akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas. "Dengan membahas proses masuk dan berkembangnya Islam di Sulawesi kita dapat mengetahui kerajaan-kerajaan dan raja yang berpengaruh terhadap perkembangan Islam, tradisi dan bukti perkembangan Islam di Sulawesi, beserta cara agama Islam masuk ke Sulawesi". ungkap Rivai Bolotio.

Kegiatan seminar nasional yang akan diikuti oleh dosen dan mahasiswa (program sarjana dan magister) IAIN Manado, serta unsur kalangan umum dan undangan itu bertempat di Aula Program Pascasarjana IAIN Manado. (ar)
Comments