Arsip‎ > ‎Pengumuman‎ > ‎

Ujian Komprehensif

diposting pada tanggal 3 Jan 2018 20.07 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui3 Jan 2018 20.50 ]
Ditujukan kepada seluruh mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Manado Angkatan 2015-2016 yang belum melaksanakan Ujian Komprehensif dan telah menyelesaikan seluruh mata kuliah agar segera mendaftar di bagian layanan akademik Subbagian Tata Usaha Program Pascasarjana untuk dijadwalkan pelaksanaan ujian komprehensifnya tahun 2018.

Ujian Komprehensif merupakan salah satu bentuk evaluasi untuk mengetahui tingkat kemampuan menguasai secara menyeluruh materi yang telah diberikan kepada mahasiswa dalam perkuliahan teori. Melalui ujian ini dapat diketahui apakah seorang mahasiswa S2 layak untuk menjadi Calon Magister, sebelum dimulainya penelitian untuk tesis.

Dalam ujian ini mahasiswa diuji kemampuan pemahaman dan penguasaan teoretik sesuai dengan bidang keilmuannya. Selain itu, juga untuk menilai keluasan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa sebagai hasil perkuliahan yang diikuti, dan menilai kemampuan penalaran dan analisis mahasiswa yang dirumuskan dan dipresentasikan di hadapan dewan penguji komprehensif.

Mahasiswa program magister PPs IAIN Manado yang mengikuti ujian komprehensif disyaratkan:
  1. Telah menempuh dan lulus semua mata kuliah;
  2. Telah melaksanakan ujian/seminar proposal tesis dan atau naskah usulan/proposal tesis telah disetujui pembimbing (dibuktikan dengan bukti persetujuan pembimbing);
  3. Lulus matrikulasi mata kuliah bahasa Inggris dan bahasa Arab; 
  4. Terdaftar aktif sebagai mahasiswa semester berjalan.
Materi yang diujikan mencakup keseluruhan materi pada bidang ilmu yang dipelajari menyangkut isu, teori, metodologi penelitian, ilmu-ilmu yang langsung menunjang penulisan tesis, baik yang bersifat dasar maupun kekhususan, dan hal-hal praktik.

Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus ujian komprehensif dapat melakukan tahapan penyelesaian tesis sesuai dengan bidang peminatannya masing-masing. Setelah dinyatakan lulus ujian komprehensif, mahasiswa dapat melanjutkan tahapan berikutnya yaitu melaksanakan penelitian, ujian hasil/kelayakan (tertutup), dan diakhiri dengan ujian tesis/akhir (terbuka). Sedangkan, untuk mahasiswa yang belum lulus diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian komprehensif perbaikan dengan waktu yang ditentukan oleh program studi.

Kisi-kisi Ujian Kompehensif silahkan diunduh.


Ċ
Pascasarjana IAIN MANADO,
3 Jan 2018 20.48
Ċ
Pascasarjana IAIN MANADO,
3 Jan 2018 20.49
Ċ
Pascasarjana IAIN MANADO,
3 Jan 2018 20.49
Ċ
Pascasarjana IAIN MANADO,
3 Jan 2018 20.49
Comments