March 12, 2016

Aturan Akademik

Aturan Akademik

Aturan akademik dimaksud adalah memuat berbagai ketentuan tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan dosen/pembimbing serta hal-hal lain yang terkait.

  1.  Hak dan Kewajiban Mahasiswa

Sebagai subjek utama dalam pendidikan tinggi, mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Manado mempunyai hak yang dapat digunakan dan kewajiban yang harus dipenuhi untuk dapat mengembangkan sikap keilmuan dalam semua aspek. Hak dan kewajiban mahasiswa dimaksud, diatur sebagai berikut:

  • Hak Mahasiswa
  1. Menggunakan kebebasan akademik secara bertanggung-jawab untuk menuntut dan mengkaji ilmu sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku.
  2. Memperoleh pengajaran sebaik-baiknya dan layanan dibidang akademik, adminitrasi dan kesejahteraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Memanfaatkan fasilitas perguruan tinggi dalam rangka kelancaran proses pembelajaran dan kegiatan akademik sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.
  4. Memperoleh layanan informasi berkaitan dengan program studi yang diikuti serta hasil belajarnya.
  5. Mendapat bimbingan dari pimpinan dan dosen, baik yang berkaitan dengan program studi maupun kegiatan kemahasiswaan lainnya.
  6. Menyampaikan aspirasi, usul, saran dan kritik secara proporsional dan bertanggungjawab.
  • Kewajiban Mahasiswa
  1. Menjunjung tinggi norma-norma kesusilaan dan hukum serta nama baik almamater IAIN Manado.
  2. Mentaati semua peraturan dan ketentuan yang berlaku di PPs IAIN Manado.
  3. Bertanggung jawab secara pribadi atas segala ucapan, pikiran, tulisan dan tindakan yang bersifat keilmuan sesuai dengan kematangan intelektual.
  4. Berpakaian sopan, bersih, rapi dan menutup aurat, serta memakai sepatu (bukan sepatu sandal) pada saat kuliah, ujian, berurusan dengan dosen dan pegawai.
  1. Hak dan Kewajiban Dosen/Pembimbing

Sebagai pendidik profesional di perguruan tinggi, dosen dan pembimbing diharapkan senantiasa menampilkan perilaku akademik dan profesionalitas yang tinggi. Untuk itu, dosen dan pembimbing juga senantiasa menjunjung tinggi hak dan kewajiban sebagai berikut:

  • Hak Dosen dan Pembimbing
  1. Memiliki kebebasan akademik yaitu kebebasan untuk mempelajari dan mengembangkan ilmu sesuai kaidah keilmuan.
  2. Memiliki kebebasan mimbar, yaitu kebebasan untuk mengungkapkan dan mempublikasikan gagasan dan temuan ilmiah di ranah publik sesuai kaidah keilmuan.
  3. Melaksanakan kegiatan dan tugas-tugas akademik yang dipercayakan kepadanya selama tidak bertentangan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.
  4. Mendapatkan perlakuan hormat dan santun dari pimpinan, sesama dosen dan mahasiswa.
  5. Mendapatkan insentif dan kehormatan atas pekerjaan dan usaha yang dilakukannya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.
  6. Mengundurkan diri sebagai pembimbing apabila :
  • Terdapat perbedaan pandangan dengan mahasiswa dalam pembimbingan yang dianggap tidak dapat dipertemukan atau diselesaikan.
  • Mahasiswa melakukan perilaku akademik tercela.
  • Kewajiban Dosen/Pembimbing
  1. Sebagai pengampuh mata kuliah berkewajiban melaksanakan tugas mengajar minimal 12 kali per mata kuliah per semester.
  2. Memberikan bimbingan tatap muka secara teratur, intensif dan kontinu.
  3. Menghormati kebebasan dan kreativitas mahasiswa dalam memilih tujuan dan metode penelitian tesis serta teknik analisis yang relevan selama hal dimaksud dapat dipertanggung jawabkan sesuai kaidah keilmuan.
  4. Mengarahkan pilihan mahasiswa agar lebih rasional, elegan, akurat dan teruji dalam perspektif keilmuan dan operasionalisasinya dalam penulisan tesis.
  5. Bertindak sebagai motivator dan fasilitator dalam membimbing mahasiswa dengan wacana intelektual yang santun dan tidak merendahkan martabat seseorang.
  6. Mematuhi peraturan dan ketentuan yang ditetapkan pimpinan PPs mengenai kegiatan akademik.
  7. Menjaga martabat Program Pascasarjana IAIN, baik di dalam, maupun di luar kampus.