Galeri‎ > ‎

Dokumentasi


Program Studi Pascasarjana IAIN Manado teken MoU dengan Pascasarjana IAIN Gorontalo

diposting pada tanggal 9 Jun 2021 20.00 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui9 Jun 2021 20.04 ]

IAIN Manado-Jum’at 28 Mei (28/05/2021) direktur pascasarjana IAIN Gorontalo Prof. Dr. H. Kasim Yahiji, M.Pd dan wakil direktur Dr. Erwin Yusuf Thaib, M.Ag beserta ketua prodi melakukan kunjungan ke IAIN Manado. Kedatangan direktur dan ketua prodi pascasarjana IAIN Gorontalo bermaksud untuk menjalin kerja sama dengan program studi pascasarjana IAIN Manado.

Kerja sama dan penandatanganan MoU secara khusus melibatkan masing-masing program studi pascasarjana yaitu Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah, dan Akwal Syaksiyah. Kerja sama ini memuat kesepakatan untuk meningkatkan pelaksanaan program-program nasional khususnya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kuliah tamu, studi lanjut tenaga pendidik (dosen), seminar, kajian-kajian penelitian dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan kerja sama yang bertempat di gedung pascasarjana IAIN Manado ini di wakili oleh direktur pascasarjana IAIN Manado Dr. Nasruddin Yusuf M.Ag dan direktur Pascasarjana IAIN Gorontalo Prof. Dr. H. Kasim Yahiji, M.Pd. Di dalam sela-sela kunjungannya Prof. Dr. H. Kasim Yahiji, M.Pd menyampaikan bahwa kerja sama antara dua instansi ini adalah upaya bersama untuk mengembangkan program studi pascasarjana dan mendiskusikan lebih detail tentang program-program yang dapat dilakukan bersama.

Dr. Nasruddin Yusuf M.Ag selaku direktur pascasarjana menyambut baik kerja sama yang dilakukan dan berharap dengan adanya kerja sama ini pascasarjana IAIN Manado dengan IAIN Gorontalo dapat menjadi partner yang saling mendukung untuk kemajuan dunia pendidikan di Sulawesi Utara dan Gorontalo.


Awal Ramadan, Pascasarjana IAIN Manado Lakukan Ujian Proposal dan Ujian kelayakan Tesis

diposting pada tanggal 19 Apr 2021 20.13 oleh Pascasarjana IAIN MANADO

IAIN Manado – Pascasarjana IAIN Manado kembali melaksanakan ujian Kelayakan Tesis dan Proposal Tesis untuk mahasiswa S2 Program Studi Ekonomi Syariah  pada hari yang berbeda. Ujian tersebut dilaksanakan pada 16 April 2021 dan 19 April 2021. Kedua ujian ini dihadiri oleh Direktur Pascasarjana, Ketua Prodi, dan para dosen Pascasarjana IAIN Manado.

Pada 16 April 2021 ujian proposal Tesis atas nama Hariyanto dilaksanakan pada pukul 13.30 WITA di ruang ujian program Pascasarjana. Tesis yang berjudul “Praktek Ijarah (Sewa-menyewa): Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Atas Praktek Ijarah Pohon Cengkeh Pada Masyarakat Muslim Desa Tutuyan)” ini diuji oleh Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag selaku ketua penguji., Dr. Nurlaila Harun, M.Si selaku sekertaris penguji., Dr. Edi Gunawan, M.HI selaku penguji utama., Dr. Suprijati Sarib, M.Si selaku penguji pertama., dan Dr. Yusno Abdullah Otta, M. Ag selaku penguji kedua.


Sementara pada Senin (19/04/2021), Prodi Ekonomi Syariah melaksanakan Ujian kelayakan Tesis atas nama mahasiswa M. Khailurrahman. Ujian yang dilaksanakan pada pukul 13.00 WITA di ruang ujian program Pascasarjana mengangkat judul “Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Dan Preferensi Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Menggunakan Produk Jasa Bank Syariah”. Ujian kelayakan tesis ini diujikan oleh Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag selaku ketua penguji., Dr. Nurlaila Harun, M.Si selaku sekertaris penguji., Delmus P. Salim, M.A., M.Res., Ph.D selaku penguji utama, dan Dr. Radliyah Jan, M.Si selaku penguji kedua.

Lagi, Mahasiswa Pascasarjana IAIN Manado Berhasil Menyelesaikan Ujian Komprehensif

diposting pada tanggal 11 Apr 2021 18.54 oleh Pascasarjana IAIN MANADO


                    
IAIN Manado - Setelah beberapa hari yang lalu berhasil melaksanakan ujian komprehensif terhadap mahasiswa prodi Akhwal Syakhsiyah, kini Pascasarjana IAIN Manado menggelar kembali ujian komprehensif bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Ujian komprehensif ini digelar pada Kamis, 1 April 2021 di ruang ujian program Pascasarjana IAIN Manado. Ujian yang digelar pukul 09.00 - 13.00 Wita ini diikuti oleh tiga mahasiswa Pascasarjana Prodi Pendidikan Agama Islam dan dihadiri oleh Ketua Prodi dan para dosen Pendidikan Agama Islam. Dalam ujian komprehensif ini, diharapkan para mahasiswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam tiga kelompok mata kuliah, yaitu  mata kuliah normatif, mata kuliah metodologi, dan mata kuliah keprodian.


Anis Fitrohatin sebagai mahasiswa pertama yang mengikuti ujian komprehensif ini, berhasil memulai ujiannya pada pukul 09.00 wita tepat dengan lancar. Anis diuji langsung oleh Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag., Dr. Adri Lodeto, M.Pd.I., dan Dr. Muh. Idris, M.Ag. Sementara Nurul Fajriani Mokodompit, peserta kedua ujian komprehensif memulai ujiannya tepat pukul 10.45 wita. Nurul diuji oleh tiga penguji antara lain Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag., Dr. Ishak Talibo, M.Pd.I., dan Dr. Muh. Idris, M.Ag. Dan akhirnya ujian komprehensif tersebut ditutup oleh ujian komprehensif kepada mahasiswa bernama Faisal Bachri Bahar pada pukul 13.00 WITA oleh tiga penguji yaitu Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag., Dr. Andi Mukarramah Nagauleng, M.PI., dan Dr. Muh. Idris, M.Ag. Di akhir pelaksanaan ujian komprehensif ini, Dr. Muh. Idris, M.Ag., selaku Ketua Prodi PAI tak lupa memberikan pesan kepada ketiga mahasiswa tersebut untuk supaya selalu menjadi pelopor dan teladan bagi masyarakat beserta anak didik mereka.


Pelaksanaan Seminar Proposal dan Ujian Komprehensif Mahasiswa S2 Akhwal Syaksiyah

diposting pada tanggal 6 Apr 2021 20.07 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui6 Apr 2021 23.35 ]

IAIN Manado-Senin 29 Maret (29/03/2021) Pascasarjana IAIN Manado melaksanakan ujian Seminar Proposal Tesis dan ujian komprehensif bagi mahasiswa Pascasarjana Ahwal Syakshiyah. Ujian seminar proposal dan ujian komprehensif ini dilaksanakan pada ruang ujian program Pascasarjana IAIN Manado dengan suasana akademis yang dinamis. Ujian seminar proposal tesis diikuti oleh satu mahasiswa, dan ujian komprehensif diikuti oleh dua orang mahasiswa. Pada dasarnya, tujuan utama pelaksanaan ujian ini adalah sebagai prasyarat bagi mahasiswa untuk menggapai gelar magister dalam bidang Hukum Keluarga (Akhwal Syakhsiah).

Ujian seminar proposal tesis yang diikuti oleh mahasiswa  prodi Ahwal Syakshiyah atas nama Umar Lahadji dibuka oleh ketua penguji yaitu Direktur Pascasarjana Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag dan dihadiri oleh beberapa penguji lain. Sebagai penguji utama, Dr. Yasin, M.SI., memberikan masukan bahwa proposal tesis yang berjudul “Optimalisasi Pewakafan di Minahasa Utara” ini dapat lebih diarahkan pada fokus pewakafan yang lebih khusus sehingga dapat menjadi penelitian yang lebih bagus dan menarik. Selain itu, proposal tesis ini juga mendapatkan banyak masukan dari Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag., Dr. Hasyim Lahote, M.H., dan Dr. Evra Wilya, M.Ag. selaku Ketua Prodi Akhwal Syakshiyah.

Di hari yang sama, Pascasarjana IAIN Manado juga menyelenggarakan Ujian Komprehensif bagi dua mahasiswa Ahwal Syakshiyah atas nama Sair Abd Rahman dan Einstein Meigi Yehosua. Pada kesempatan pertama, Sair Abd Rahman  diuji oleh tiga penguji yaitu Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag., Dr. Suprijati Sarib, M.Si., dan Dr. Evra wilya, M.Ag. Sementara pada kesempatan yang kedua, Einstein Meigi Yehosua  diuji oleh tiga penguji yang berbeda yaitu Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag., Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag., dan Dr. Evra wilya, M.Ag. Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para penguji, keduanya berhasil menjawab semua pertanyaan dalam tiga kelompok matakuliah yaitu mata kuliah dasar normatif, mata kuliah metodologi dan mata kuliah keprodian

Mahasiswa PPs IAIN Manado Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Manado

diposting pada tanggal 25 Jan 2021 03.43 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui25 Jan 2021 04.02 ]

IAIN Manado- Senin (25/01/2021). Sebagai bentuk Kepedulian terhadap korban banjir Manado yang terjadi pada hari Jumat tanggal 22 Januari 2021, Mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Manado turut memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban   banjir.

Bantuan berupa sembako, makanan, dan pakaian diberikan di tiga lokasi yaitu Tumpas, Welong dan Malendeng.  Untuk lokasi Tumpas dan Welong, Bantuan langsung diberikan kepada korban banjir dan untuk lokasi Malendeng bantuan diserahkan di posko bantuan bencana banjir  Mesjid Qordova.


Bantuan diserahkan oleh Perwakilan mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Manado Bapak Masykur al-Makmuni, Ibu Lisna,  Ibu Fathum, Ibu Mutia, Ibu Nurain, dan Pak Abdullah Tuje serta didampingi oleh Ketua Prodi PAI Dr. Muh. Idris, M.Ag.




Banjir yang terjadi pada hari Jumat ini menyebabkan  lumpur di mana-mana. Di beberapa lokasi, tanah longsor dan pohon menimpa rumah, juga ada pohon tumbang di pinggiran jalan. Sampai saat ini sebagian korban  masih melakukan pembersihan rumah masing-masing. Dengan bantuan ini diharapkan dapat ikut meringankan beban para korban  banjir. (evra)

.

Pascasarjana Kembali Laksanakan Ujian Tesis

diposting pada tanggal 24 Jan 2021 22.42 oleh Pascasarjana IAIN MANADO

IAIN Manado. Senin ( 25/01/2021) Pascasarjana IAIN Manado Mengadakan Ujian Tesis   terhadap 2 orang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)  Susanti Faradila Wambes dan Wisnu Muhammad Hamzah.

Susanti Faradila Wambes menjadi Magister ke 124 Pascasarjana IAIN Manado berhasil mempertahankan tesis berjudul " Penerapan Metode Kisah dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI ( Studi pada MTs Nurul Huda Kauditan 2 dan MTs Alkhairat Mapanget)" di bawah bimbingan  Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag dan Dr. Evra Willya, M.Ag dan diujikan di hadapan dewan penguji Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag, Dr. Muh. Idris, M.Ag dan Dr. Muhammad Imran, Lc, M.Th.I




Wisnu Muhammad Hamzah menjadi Magister ke 125 Program Pascasarjana IAIN Manado berhasil mempertahankan tesis berjudul "Reorientasi dan Praksis Pendidikan Multikultural Perspektif Pemikiran Azyumardi Azra " di bawah bimbingan Dr. Muh. Idris, M.Ag  dan Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag dan diujikan dihadapan dewan Penguji Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag, Delmus P. Salim, Ph.D  dan Dr. Arhanuddin, M.Pd. (evra)


Penyerahan JIEP Vol. 4 dan Vol. 5 ke Rektor

diposting pada tanggal 11 Jan 2021 01.13 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui11 Jan 2021 01.43 ]

IAIN Manado.  Selasa (05/01/2021)  Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag melakukan penyerahan Journal of Islamic Education Policy Vol. 4 No. 1 dan 2 tahun 2019 dan Vol. 5 No. 1 dan 2 tahun 2020 kepada Rektor IAIN Manado Delmus P. Salim, Ph.D di Ruangan Rektor yang di dampingi oleh Wakil Rektor I dan Para Ketua Program Studi Pascasarjana IAIN Manado.

Alhamdulillah,  Journal of Islamic Education Policy Volume 4 Nomor 1 dan Nomor 2 tahun 2019 dan Volume 5 Nomor 1 dan Nomor 2 tahun 2020 Program Pascasarjana IAIN Manado sudah terbit. penerbitan jurnal  ini merupakan ikhtiar Program Pascasarjana IAIN Manado dalam rangka tertundanya penerbitan untuk tahun 2019 karena berbagai hal dan kendala yang ada, yang baru bisa diterbitkan pada tahun 2020 dan Penerbitan untuk tahun 2020. Para penulis yang ikut berkontribusi dalam menyumbangkan tulisannya dan telah diterima pada Journal of Islamic Education Policy Volume 4 Nomor 1 dan Nomor 2 tahun 2019 dan Volume 5 Nomor 1 dan Nomor 2 tahun 2020  Program Pascasarjana IAIN Manado ini terdiri dari 20  penulis berasal dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah yang ada di Sulawesi Utara dan Luar Sulawesi Utara.  Dr. Muh. Idris, M.Ag selaku Editor in Chief Journal of Islamic Education Policy  mengucakan terimakasih kepada seluruh TIM Pascasarjana atas kerjasamanya sehingga jurnal ini dapat diterbitkan, dan akan terus berbenah menuju akreditasi jurnal. (evra)

Penyerahan JIEP Vol. 4 dan Vol. 5 PPs ke Rektor

diposting pada tanggal 11 Jan 2021 00.28 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui11 Jan 2021 00.46 ]

IAIN Manado.  Selasa (05/01/2021)  Direktur Pascasarjana IAIN Manado Dr. Masruddin Yusuf, M.Ag melakukan penyerahan Journal of Islamic Education Policy Vol. 4 No. 1 dan 2 tahun 2019 dan Vol. 5 No. 1 dan 2 tahun 2020 kepada Rektor IAIN Manado Delmus P. Salim, Ph.D di Ruangan Rektor yang di dampingi oleh Wakil Rektor I dan Para Ketua Program Studi Pascasarjana IAIN Manado.

Alhamdulillah,  Journal of Islamic Education Policy Volume 4 Nomor 1 dan Nomor 2 tahun 2019 dan Volume 5 Nomor 1 dan Nomor 2 tahun 2020 Program Pascasarjana IAIN Manado sudah terbit. penerbitan jurnal  ini merupakan ikhtiar Program Pascasarjana IAIN Manado dalam rangka tertundanya penerbitan untuk tahun 2019 karena berbagai hal dan kendala yang ada, yang baru bisa diterbitkan pada tahun 2020 dan Penerbitan untuk tahun 2020. Para penulis yang ikut berkontribusi dalam menyumbangkan tulisannya dan telah diterima pada Journal of Islamic Education Policy Volume 4 Nomor 1 dan Nomor 2 tahun 2019 dan Volume 5 Nomor 1 dan Nomor 2 tahun 2020  Program Pascasarjana IAIN Manado ini terdiri dari 20  penulis berasal dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah yang ada di Sulawesi Utara dan Luar Sulawesi Utara.  Dr. Muh. Idris, M.Ag selaku Editor in Chief  mengucakan terimakasih kepada seluruh TIM Pascasarjana atas kerjasamanya sehingga jurnal ini dapat diterbitkan, dan akan terus berbenah menuju akreditasi jurnal. (evra)

Seminar Proposal dan Ujian Komprehensif

diposting pada tanggal 10 Jan 2021 23.44 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui10 Jan 2021 23.45 ]

IAIN Manado. Senin ( 11/01/2021) Pascasarjana IAIN Manado mengadakan Seminar Proposal Mahasiswa PAI dan Ujian Komprehensif mahasiswa MPI secara daring.
Seminar proposal mahasiswa atas nama Nurul Fajriani Mokodompit yang dibimbing oleh Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag dan Dr. Arhanuddin, M.Pd dengan Judul " Pedagogi Digital di Era pandemi Covid -19 ( Studi Komparatif Pembelajaran pada MAN Model 1 Manado dan SMA Katolik Frater Don Bosco Manado),  dan diujikan di depan dewan Penguji Dr. Muh. Idris, M.Ag, Dr. Andi Mukarramah, MPd dan Delmus P. Salim, Ph.D.

Ujian Komprehensif mahasiswa atas nama Dewi S. Pranoto yang diujikan oleh 3  orang penguji Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag, Dr. Abdul Latif Samal, M.Pd dan Dr. Ishak Talibo, M.Pd berhasil menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh para penguji dalam 3 kelompok matakuliah yaitu mata kuliah dasar normatif, mata kuliah metodologi dan mata kuliah keprodian. (evra)

Awal Tahun Pascasarjana Laksanakan Ujian Tesis

diposting pada tanggal 10 Jan 2021 22.51 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui24 Jan 2021 20.11 ]

IAIN Manado. Senin ( 11/01/2021) Pascasarjana IAIN Manado Mengadakan Ujian Tesis  secara daring  terhadap 2 orang Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yaitu Lukman Arib dan La Ode Pade.

Lukman Arib menjadi Magister ke 122 Pascasarjana IAIN Manado berhasil mempertahankan tesis berjudul " Pengaruh Organisasi Citizenship Behavior dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Kota Bitung" di bawah bimbingan  Dr. Rivai Bolotio, M.Pd dan Dr. Ardianto, M.Pd dan diujikan di hadapan dewan penguji Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag, Dr. Abdul Latif Samal, M.Pd dan Delmus P. Salim, Ph.D.



La Ode Pade menjadi Magister ke 123 Program Pascasarjana IAIN Manado berhasil mempertahankan tesis
berjudul "Dinamika Transformasi Lembaga Pendidikan Islam di Kota Bitung" di bawah bimbingan Dr. Ardianto, M.Pd dan Dr. Arhanuddin, M.Pd dan diujikan dihadapan dewan Penguji Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag, Dr. Abdul Latif Samal, M.Pd dan Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag. (evra)


1-10 of 75