Galeri‎ > ‎

Dokumentasi


Masa Pandemi Covid-19, Pascasarjana Siasati Ujian Secara Daring

diposting pada tanggal 19 Mei 2020 06.56 oleh Ardianto Tola

IAIN Manado - Hingga saat ini dunia masih dirisaukan dengan mewabahnya suatu penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus  yang bernama corona atau dikenal dengan Covid-19 (Corona Virus Diseases-19). Virus yang disinyalir mulai mewabah 31 Desember 2019 di Kota Wuhan Provinsi Hubei Tiongkok ini, kini telah menyebar di hampir seluruh penjuru dunia dengan sangat cepat, sehingga WHO tanggal 11 Maret 2020 menetapkan wabah ini sebagai pandemi global.

Data korban Covid-19 setiap hari yang dirilis oleh badan otoritas pemerintah di setiap negara termasuk Indonesia menunjukkan kenaikan cukup fantastis. Jutaan manusia menjadi korban virus corona di seluruh pelosok dunia. Di Indonesia sendiri, hingga saat ini terhitung sebanyak 18.496 orang yang positif terpapar Covid-19. Guna menekan penyebaran virus corona ini, di sektor pendidikan, sejak awal pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh (daring/dalam jaringan) pada semua jenjang pedidikan, mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi. 

Perkuliahan daring atau online ini sebagai bagian dari social distancing dan physical distancing ini juga merupakan kebijakan yang ditetapkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado. Tujuannya agar virus corona yang penyebarannya sangat massif ini dapat diantisipasi setidaknya di lingkungan pendidikan. Bukan hanya dalam kegiatan perkuliahan, melainkan juga pelaksanaan ujian-ujian seperti ujian proposal, ujian hasil penelitian, dan ujian akhir/gelar sarjana dan magister juga dilakukan secara daring dengan memanfaatkan platform aplikasi vidio conference seperi Zoom, ClaudX, dan WhatsApp. 

Sebagai bagian dari social distancing dan physical distancing, Program Pascasarjana IAIN Manado pada Rabu (19/05/2020), laksanakan kegiatan ujian proposal tesis secara daring melalui aplikasi ClouadX. Kegiatan ujian proposal tesis tersebut dilaksanakan oleh Riduan Lamani mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah yang mengajukan proposal penelitian tesis berjudul "Studi Komparatif Tingkat Kesehatan dan Efisiensi Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional di Indonesia". Dewan penguji proposal tesis masing Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag (ketua dewan penguji), Dr. Nurlaila Harun, M.Si (sekretaris dewan penguji), Dr. Radliyah Hasan Jan, M.Si (Penguji Utama), Dr. Ardianto, M.Pd (Penguji 1), dan Dr. Suprijati Sarib (Penguji 2). Pelaksanaan ujian yang dipimpin oleh Ketua Program Studi Ekonomi Syariah, Dr. Nurlaila Harun, M.Si mewakili Direktur Program Pascasarjana yang berhalangan hadir namun telah memberikan catatan dan masukan kepada mahasiswa melalui komunikasi WhatsApp.


Riduan Lamani dalam sesi tanya jawab memaparkan bahwa bank syariah dilihat dari aspek market share hanya kurang dari 7% dari total pangsa pasar industri perbankan di Indonesaia. Ia juga mengungkapkan bahwa terdapat gap yang cukup lebar antara dana pihak ketiga dibandingkan dengan total pembiayaan. Gap atau selisih yang cukup besar ini mengindikasikan adanya idling money (dana mengendap) sehingga dapat diasumsikan bahwa perbankan syariah kurang efektif dalam menjalankan operasional bisnisnya. Inilah yang perlu diteliti lebih lanjut khususnya jika dikomparasikan dengan perbankan konvensional.

Riduan Lamani yang merupakan Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado dan juga bertugas sebagi konseptor Walikota Manado juga mengungkapkan bahwa penelitian yang akan dilakukannya ini diilhami dari temuan penelitian Delmus Puneri Salim tentang Islamic Finance yang termuat dalam bukunya berjudul "The Transnasional and the Local in the Politics of Islam: The Case of West Sumatra, Indonesia". Salah satu temuan penelitian tentang Islamic Finance yang terungkap dalam buku tersebut yaitu bahwa meskipun terjadi peningkatan aset yang dramatis, namun perbankan syariah masih  memainkan peranan kecil terhadap perekonomian Indonesia.         

Dr. Nurlaila Harun, M.Si selaku ketua Program Studi Ekonomi Syariah dalam sesi pembukaan ujian mengungkapkan bahwa pelaksanaan ujian yang dilakukan secara daring ini merupakan bagian dari upaya Program Pascasarjana IAIN Manado untuk memberikan pelayanan akademik dalam suasana pandemi Covid-19. "Dengan demikian, darurat Covid-19 yang mendera dan mengubah hampir seluruh tatanan kehidupan manusia di hampir semua negara tidak menjadikan kita berhenti dalam menjalankan aktivitas termasuk aktivitas di bidang akademik", ungkap Nurlaila Harun yang juga merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado periode 2015-2019. Ia juga berharap bahwa kegiatan ujian yang dilaksanakan secara daring hari ini dapat memotivasi mahasiswa yang lain khususnya mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Program Pasacsarjana IAIN Manado untuk mempercepat penyelesaian studi. (at)     

Ujian Kelayakan Tesis Mahasiswa Prodi PAI dan MPI

diposting pada tanggal 23 Jan 2020 19.03 oleh Kanjeng R

IAIN Manado. Kamis (24/01/2020 PPs IAIN Manado mengadakan ujian Kelayakan Tesis terhadap dua orang mahasiswa Pascasarjana Susanti F. Wambes dari prodi Pendidikan Agama Islam dan Syarif Afiat Salim Raya dari prodi Manajemen Pendidikan Islam.

Susanti F. Wambes menulis tesis berjudul "Penerapan Metode Kisah Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Pada MTs Nurul Huda Kauditan dan MTs Alkairat Mapanget)" diujikan di depan dewan penguji yang terdiri dari Dr. Nasruddin Yusuf, M,Ag, Dr. Muh. Idris, M.Ag, Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag.

Syarif Afiat Salim Raya menulis tesis berjudul "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri di Sulawesi Utara" diujikan di depan dewan penguji yang terdiri dari Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag, Dr. Abdul Latid Samal, M.Pd, Dr. Ardianto, M.Pd dan Dr. Evra Willya, M.Ag. (evra)

Syarif Afiat Salim Raya: Kepemimpinan Kepala Sekolah Dominan Pengaruhi Kinerja Guru

diposting pada tanggal 23 Jan 2020 06.13 oleh Ardianto Tola

IAIN Manado
- Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Manado, Kamis (23/01/2020), selenggarakan Ujian Kelayakan Tesis mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam bertempat di ruang ujian Program Pascasarjana. Ujian kelayakan tesis yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Syarif Afiat Salim Raya, berlangsung alot. Berbagai pertanyaan diajukan oleh dewan penguji masing-masing, Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag (Ketua Dewan Penguji), Dr. Abdul Latif Samal, M.Pd (Sekretaris Dewan Penguji), Dr. Ardianto, S.Pd., M.Pd (Penguji 1),  dan Dr. Evra Willya, M.Ag (Penguji 2).

Syarif yang menulis tesis berjudul "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, dan
Kompensasi terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri di Sulawesi Utara", dengan penguasaan teori, metodologi, dan data serta pengalamannya yang memadai sebagai pimpinan madrasah dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para dewan penguji.

Dalam penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tiga variabel independen dan satu variabel dependen itu, disimpulkan bahwa ketiga variabel independen (Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kompensasi) berpengaruh terhadap variabel dependen (Kinerja Guru), baik pengaruh secara parsial, maupun secara simultan. Dengan kata lain, kinerja guru di sekolah/madrasah bergantung pada faktor kepemimpinan kepala sekolah, motivasi, dan kompensasi. Temuan lain penelitian ini ialah bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah sangat dominan dibandingkan dengan faktor motivasi dan kompensasi. Bahkan, faktor kompensasi memiliki daya pengaruh yang lebih kecil dibandingkan dengan faktor Kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi.

Ditemui, usai
pelaksanaan ujian, Syarif yang saat ini menjabat sebagai kepala Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado merasa puas dan berterima kasih atas berbagai pertanyaan dan masukan dari para dewan penguji, Menurutnya, pertanyaan dan masukan dari para dewan penguji itu lebih memperkaya dan memperdalam kajian tesis yang ditulisnya. Ia juga berharap bahwa dalam ujian tesis/gelar S2 yang akan dilaksanakan selanjutnya dapat berlangsung dengan baik dan dapat mempertahankan karya tesisnya di hadapan dewan penguji tesis.

Ujian kelayakan tesis sebagai prasyarat yang harus ditempuh sebelum mengikuti ujian tesis/gelar S2 ini merupakan bagian dari aspek pengendalian mutu karya ilmiah tesis pada Program Pascasarjana IAIN Manado. Direktur Program Pascasarjana, Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag mengungkapkan bahwa pelaksanaan ujian kelayakan tesis bertujuan menguji hasil penelitian tesis mahasiswa sekaligus memastikan kesiapan mahasiswa untuk melaksanakan ujian akhir tesis. "Dalam ujian tesis nanti, ujian akan lebih berfokus pada pendalaman kemampuan calon magister menjelaskan substansi temuan empiris penelitian dan relevansinya dengan substansi bidang keilmuan program studi dan implikasinya terhadap pengembangan keahlian sesuai dengan bidang program studinya. (at)   

Ujian Tesis Mahasiswa Prodi AS

diposting pada tanggal 16 Jan 2020 16.57 oleh Kanjeng R

IAIN Manado- Kamis ( 16/01/2020) Pascasarjana IAIN Manado mengadakan ujian Tesis terhadap 2 (dua) orang Mahasiswa Program Studi AS yaitu Fitriani Lundeto dan Subardi Mooduto.

Fitriani Lundeto menjadi Magister ke 107 Program Pascasarjana IAIN Manado  berhasil mempertahankan tesis berjudul  " Efektivitas Relaas Panggilan dalam Penyelesaian Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Bitung" di bawah bimbingan Dr. Rosdalina, M.Hum dan Dr. Edi Gunawan, M.HI dan diujikan di hadapan dewan penguji Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag, Dr. Evra Willya, M.Ag dan Dr. Nenden Herawati, M.Hum.

Subardi Mooduto Menjadi Magister ke 108 Program Pascasarjana IAIN Manado berhasil mempertahankan tesis berjudul "Penetapan Pengadilan Agama Tentang Asal-Usul Anak (Studi Pertimbangan Hakim atas Perkara Nomor 53/Pdt.P/2017 dan Nomor 50/Pdt.P/2018 pada Pengadilan Agama Bitung" di bawah bimbingan Dr. Rosdalina, M.Hum dan Dr. Edi Gunawan, M.HI dan diujikan dihadapan dewan penguji Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag, Dr. Evra Willya, M.Ag dan Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag. (evra)

Evaluasi PBM PPs IAIN Manado

diposting pada tanggal 22 Des 2019 18.49 oleh Kanjeng R

IAIN Manado- Selasa (17/12/2019) Dalam rangka menyambut Ka. Prodi Ekonomi Syariah Dr. Hj. Nurlaila Harun, M.Si dan Ka. Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Dr. H. Abdul Latif Samal, M.Pd yang sudah di lantik oleh Rektor pada Jumat (6/11/2019)  PPs IAIN Manado mengadakan Rapat Evaluasi PBM. Rapat yang dipimpin langsung oleh  Direktur Pascasarjana Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag yang bertempat di ruang Direktur PPs, membahas dua agenda utama yaitu Program Pascasarjana yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 dan Evaluasi Proses pembelajaran semester ganjil yang sedang berjalan. 

Peserta rapat memberikan masukan yang konstruktif untuk pengembangan mutu akademik Program Pascasarjana. (evra) 

Ujian Tesis Mahasiswa Prodi AS

diposting pada tanggal 16 Des 2019 23.51 oleh Kanjeng R

IAIN Manado- Jumat (29/11/2019) Pascasarjana mengadakan uijian tesis atas nama Vitri Feybiyanti Samiun Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga (AS) . 

Vitri Feybiyanti Samiun  berhasil mempertahankan tesis berjudul " Dispensasi Perkawinan di Bawah Umur Menurut UU No 1 Tahun 1974 ( Studi Kasus di Pengadilan Agama Boroko Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara), dan merupakan magister ke 104 Program Pascasarjana IAIN Manado. 

Tesis yang diujikan ini di bawah bimbingan  Dr. yasin, M.Si dan Dr. Rosdalina, M.Hum dan diujikan dihadapan dewan penguji Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag, Dr. Evra Willya, M.Ag, dan Dr. Suprijati Sarib, M.Si. (evra)

Ujian Tesis Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam

diposting pada tanggal 16 Des 2019 23.10 oleh Kanjeng R   [ diperbarui16 Des 2019 23.14 ]

IAIN Manado- Selasa (17/12/2019). PPs IAIN Manado  mengadakan Ujian Tesis terhadap 2 Orang Mahasiswa PPs IAIN Manado. Siti Rahmi Kasim dari Prodi Ekonomi Syariah dan Yolanda Djanu dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
 
Siti Rahmi Kasim berhasil mempertahankan tesis berjudul " Pandangan Hukum Islam Terhadap Pembiayaan Produk Arrum Haji pada Pegadaian Syariah Istiqlal Manado",dan menjadi magister ke 105 Program Pascasarjana IAIN Manado,  di bawah bimbingan Dr. Naskur, M.HI dan Dr. Radliyah Hasan Jan, M.Si, dan diujikan di hadapan dewan penguji yang terdiri dari Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag, Dr. Nurlaila Harun, M.Si, Dr. Evra Willya, M. Ag dan Delmus P Salim, Ph.D. 


Yolanda Djunu berhasil mempertahankan tesis berjudul " Pengambilan Keputusan Partisipatif, Pemberian Reward dan Punishment terhadap Kierja Guru di SMK se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara",  dan menjadi magister ke 106 Program Pascasarjana IAIN Manado di bawah bimbingan Dr. Rivai Bolotio, M.Pd dan Dr. Ardianto, M.Pd dan diujikan di bhadapan dewan penguji Dr. Nasruddin Yusuf, M. Ag, Dr. Abdul Latif Samal, M.Pd, dan Dr. Muh. Idris, M.Ag. (evra)


Ka.Prodi PAI dan Ka.Prodi AS PPs IAIN Manado Lolos Seleksi Makalah 1st AICIM 2019 IAIN Bukittinggi

diposting pada tanggal 16 Des 2019 22.17 oleh Kanjeng R

IAIN Manado- Rabu 06/11/2019 Dr. Muh. Idris, M.Ag (Ketua Prodi PAI) dan Dr. Evra Willya, M.Ag (Ketua Prodi AS) mempresentasikan Makalah pada Sesi Paralel pada Kegiatan Annual International Conference on Islamic Moderation (AICIM) 2019 yang diadakan oleh Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukittinggi. Kegiatan yang bertema Islamic Moderation : Dimensions and Orientations dibuka langsung oleh Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida M.Hum ini menghadirkan 3 nara sumber dari  Malaysia, Brunai dan Thailand. 

Pada kesempatan ini makalah yang dipresentasikan berjudul  Islamic Moderation for Peaceful Indonesia. Makalah ini menyimpulkan : the features and characteristics that must be possessed by every Muslim to create a peaceful Indonesia is to be able to understand something in accordance with reality, Understanding priority fiqh, Avoiding excessive fanaticism, Prioritizing the principle of ease in religion, Understanding texts religion comprehensively, and Openness in Dealing with Differences. (evra)

PPs IAIN Manado Presentasi Makalah pada ARICIS 2019 UIN Ar-Raniry Banda Aceh

diposting pada tanggal 16 Des 2019 00.18 oleh Kanjeng R   [ diperbarui16 Des 2019 17.23 ]

IAIN Manado- 16/11/2019. Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag (Direktur PPs IAIN Manado) dan Dr. Yusno A. Otta, M.Ag  (Dosen PPs IAIN Manado) berkesempatan mempresentasikan makalah yang berjudul "Hidup Mencari Tuhan atau Mencari Harta : Perspektif Tasawuf"  pada Ar-Raniry International Conference on Islamic Studies (ARICIS) 2019  yang diadakan oleh Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. 
Tema yang diangkat untuk kegiatan ini adalah Reawakening Islamic Civilization : Revitaling Islamic Wasatiyyat in The Contemporary World. Tema ini diangkat bertujuan untuk menambah wawasan tentang Islam Moderat  di tengah isu radikalisme.. Rektor UIN ar-Raniry yang diwakili oleh Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Mukhsin Nyak Umar, MA dalam sambutannya mengharapkan seminar ini dapat  menjadi agenda yang bermanfaat bagi pengembangan nilai-nilai akademik. (evra)

Penandatanganan Mou PPs IAIN Manado dengan SPs UIN Jakarta

diposting pada tanggal 11 Des 2019 22.41 oleh Kanjeng R

IAIN Manado- Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado Menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta di gedung Pascasarjana, Selasa (10 Desember 2019). Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Direktur PPs IAIN Manado Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag dan Direktur SPs UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Jamhari Makruf, MA.  Direktur PPs IAIN Manado yang datang ke SPs UIN Jakarta didampingi oleh Ketua Program Studi PAI Dr. Muh, Idris, M.Ag,  Kasubag TU Junaidi Paeka, SE dan Staf PPs Junaid Syaus.  MoU ini akan ditindaklanjuti secara teknis dengan perjanjian kerjasama oleh pihak terkait sepanjang tidak bertentangan dengan perundang-undangan yang berlaku.  
Kerjasama dalam jangka waktu tiga tahun ini meliputi : Penelitian_ pelatihan di berbagai bidang, Lokakarya, seminar  dan bantuan akademik dalam bentuk penyelenggaraan program pascasarjana.
Selesai penandatanganan MoU dilakukan diskusi dengan Direktur SPs untuk penguatan kedua Lembaga khususnya PPs IAIN Manado. Menurut Dr. Nasruddin Yusuf, MA selaku Direktur PPs IAIN Manado, beliau berharap dengan adanya kerjasama ini dapat membesarkan PPs IAIN Manado.
" Semoga nanti ada peningkatan Kualitas dari sumber daya manusia baik dari tenaga pengajar (dosen) dan Mahasiswa. Adanya kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang baik antar kedua belah pihak dan dapat saling menguntungkan antar keduanya.  (evra)

1-10 of 64