Galeri‎ > ‎Dokumentasi‎ > ‎

Direktur Pascasarjana Beraksi di Dua Komunitas Muslim di Sulawesi Utara

diposting pada tanggal 22 Jan 2018 03.29 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui22 Jan 2018 05.55 ]

Manado - Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado, Dr. H. Rivai Bolotio, M.Pd, tanpa kenal lelah selalu siap memberi pencerahan kepada umat Islam di Sulawesi Utara. Hari Sabtu, bagi kebanyakan akademisi, seharusnya menjadi ajang untuk bersama keluarga, tetapi tidak bagi Dr. H. Rivai Bolotio. Beliau rela mengorbankan momen penting bersama keluarga, untuk kepentingan eksistensi umat Islam di Sulawesi Utara, terkhusus untuk komunitas Muslim di Manado dan sekitarnya.

Sabtu Siang (20/01/2018), Direktur Pascasarjana IAIN Manado, Dr. H. Rivai Bolotio, M.Pd, menyampaikan Kajian Keislaman di Komunitas Perkumpulan Haji Manado. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan tentang pentingnya  merefleksikan tiga dimensi waktu dalam kehidupan manusia (waktu awal, tengah, dan akhir). “Sebagai seoarang haji, tentu hidup kita sudah memasuki dimensi waktu akhir di dunia ini, oleh karena itu, untuk menikmati masa-masa akhir hidup di dunia ini, tentu kita harus banyak-banyak mengingat Allah Swt,” terang beliau dalam penyampaian ceramahnya pada komunitas Perkumpulan Haji Manado, yang berlangsung di Kampung Islam Manado.

Setelah menyampaikan kajian agama di Komunitas Perkumpulan Haji Manado, dengan penuh semangat dan keikhlasan, Direktur Pascasarjana IAIN Manado ini, melanjutkan pengabdiannya dengan menghadiri undangan Taksiah di Komunitas Muslim Kampung Baru Tondano, Minahasa. Dalam ceramahnya di acara Takziah tersebut, yang dihadiri oleh puluhan Jamaah Muslim Kampung Baru Tondano dari tiga Masjid, yakni Masjid Al-Haq, Masjid Al-Hijrah, dan Masjid Nurul Yaqin, beliau mengungkapkan bahwa, “Ada tiga dimensi yang harus dilalui setiap manusia di dunia ini, yaitu dimensi Qadha (ketentuan Allah Swt), Nikmat, dan Ujian dari Allah Swt”. Lanjut beliau, “ketiga dimensi ini silih berganti, dan menjadi warna-warni kehidupan setiap manusia”.  Pada intinya, kata Dr. Rivai Bolotio, M.Pd., yang juga merupakan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Utara ini, “kematian adalah Qadha (ketentuan) dari Allah Swt, yang harus diterima dengan penerimaan yang ikhlas, sebab semua telah direncanakan dan diatur oleh yang Maha Pengatur, yakni Allah Azza wajallah”. Jamaah Muslim Kampung Baru Tondano secara khidmat menyimak ceramah Dr. Rivai Bolotio, M.Pd yang disampaikan dengan gaya bahasa yang lugas dan padat makna .

Kajian Islam ini diakhiri dengan bersilaturahmi bersama dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda Kampung Baru Tondano. Tak lupa pula, Direktur Pascasarjana IAIN Manado, mempromosikan perkembangan Kampus IAIN Manado, terutama transformasi dan akselerasi perkembangan Program Pascasarjana IAIN Manado, kepada seluruh Jamaah yang hadir dalam kegiatan tersebut. (arh)

 

 

Comments