Galeri‎ > ‎Dokumentasi‎ > ‎

Gina Nurvina Darise: Kecerdasan Eksistensial-Spiritual Tertinggi Pengaruhi IPK Mahasiswa

diposting pada tanggal 23 Sep 2018 07.22 oleh Pascasarjana IAIN MANADO
IAIN Manado - Jumat (21/09/2018), Program Pascasarjana IAIN Manado kembali telorkan lulusan magister dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Berlangsung di ruang ujian Program Pascasarjana, Gina Gurvina Darise berhasil mempertahankan hasil penelitian tesisnya berjudul "Multiple Intelligences dan Hubungannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa IAIN Manado". Di hadapan dewan penguji masing-masing, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd (Ketua Dewan Penguji), Dr. Ardianto, S.Pd., M.Pd (Sekretaris Dewan Penguji), Dr. Rukmina Gonibala, M.Si (Penguji 1), Dr. dr. Taufik Pasiak, M.Kes, M.Pd.I (Penguji 2), dan Dr. Musdalifah Dachrud, S.Ag., S,Psi, M.Si, Psi. (Penguji 3), Gina yang adalah mahasiswa angkatan ke-2 Program Studi S2 Pendidikan Agama Islam, tampil piawai menyajikan dan menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh para penguji.

Melalui analisis regresi berrbasis data survai ex-post facto terhadap mahasiswa IAIN Manado, Gina menemukan bahwa kecerdasan eksistensial-spiritual mempunyai kontribusi paling signifikan terhadap capaian indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa, disusul kecerdasan interpersonal, kecerdasan musikal, kecerdasan lingusitik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik-jasmani, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis.

Diungkapkan bahwa kecerdasan eksistensial-spiritual tidak mesti berhubungan dengan masalah agama. Kecerdasan spiritual (spiritual intelligence) mengacu pada keterampilan, kemampuan, dan perilaku yang diperlukan untuk mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan sumber utama dari semua (Tuhan Yang Maha Esa), keberhasian dalam menemukan makna hidup,  mengeksternalisasi perasaan akan makna dan nilai-nilai dalam kehidupan dan dalam hubungan dengan interpersonal setiap individu.

Dr. Rukmina Gonibala, Rektor IAIN Manado, yang bertindak sebagai penguji 1 memuji karya tesis Gina Nurvina Darise yang telah dikerjakan secara sungguh-sungguh. Secara khusus, ia juga mengapresiasi kecermatan Gina dalam menulis yang sangat minim ditemukan kesalahan-kesalahan teknis. "Bayaknya cakupan variabel (peubah) penelitian yang diteliti juga merupakan point utama kelebihan tesis ini dibandingkan tesis lainnya", lanjut Gonibala.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr. Rivai Bolotio, M.Pd, Direktur Program Pascasarjana, yang bertindak sebagai ketua dewan penguji. Ia menilai bahwa dibutuhkan ketelatenan untuk menulis dalam ruang lingkup variabel yang sangat jamak. "Dengan mengkaji 9 variabel bebas dan  1 variabel terikat berarti diperlukan 10 konsep teori yang harus dijelaskan dan ini tentu membutuhkan tingkat ketekunan yang tinggi", ungkap Bolotio.  

Sementara itu, Dr. dr. Taufik Pasiak, M.Kes, M.Pd.I menyarankan agar hasil penelitian Gina Nurvina Darise ini dapat diimplikasikan dalam
pengembangan program pembelajaran di IAIN Manado. "Bahawa kecerdasan spiritual mempunyai kontribusi yang sangat signifikan terhadap capaian indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa, hal ini memperkuat tesis yang selama ini saya kembangkan tentang kecerdasan spiritual", ungkapnya. Pasiak yang adalah dosen tetap pada Fakultas Kedokteran Unsrat Manado berharap bahwa hasil penelitian Gina ini dapat menjadi rekomendasi bagi pimpinan IAIN Manado dalam merancang model pengembangan program pembelajaran dan penguatan akademik di IAIN Manado.

Gina yang ikut didampingi oleh kedua orang tua dan adiknya, mengungkapkan bahwa keberhasilan merampungkan penelitian tesisnya berkat kedisiplinan dan kecermatan kedua pembimbingya, yakni Dr. dr. Taufik Pasiak, M.Kes, M.Pd.I  dan Dr. Musdalifah Dachrud, S.Ag., S,Psi, M.Si, Psi. Ia juga menyampaikan bahwa keberhasilan yang dicapainya merupakan buah dari dukungan kedua orang tuanya. "Semoga tesis ini, merupakan pernyataan doa untuk kedua orang tuaku, sebagai penyemangat hidup bagi ayahku tercinta agar tetap diberikan kesehatan", pinta Gina.

Ujian yang berlangsung selama dua jam diakhiri dengan yudisium hasil ujian yang dibacakan oleh sekretaris dewan penguji, Dr. Ardianto, S.Pd., M.Pd sebagai Ketua Program Studi S2 Pendidikan Agama Islam. Promovenda, Gina Nurvina Darise dinyatakan lulus ujian tesis dengan nilai pujian. (at)    
Comments