Galeri‎ > ‎Dokumentasi‎ > ‎

Kendalikan Mutu, Format Pelaksanaan Ujian Tesis Diubah

diposting pada tanggal 8 Feb 2018 01.14 oleh Pascasarjana IAIN MANADO
IAIN Manado – Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado secara berkelanjutan melakukan pengendalian mutu akademik. Salah satunya adalah inovasi model pelaksanaan ujian tesis. Hal ini tampak dalam pelaksanaan ujian tesis yang digelar pada Rabu (07/02/2018) kemarin. Ujian tesis yang dilaksanakan dua mahasiswa dari program studi yang berbeda, yaitu Masda Mohamad (Prodi Manajemen Pendidikan Islam) dan Nuraini Rahayu  (Prodi Ekonomi Syariah), merupakan mahasiswa yang tampil dengan model ujian tesis yang baru.
Ujian dipimpin oleh Direktur Program Pascasarjana, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd. Hadir sebagai dosen penguji a.n. Masda Mohamad adalah Dr. Yasin, M.Si., Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I, Dr. Dr. Rivai Bolotio, M.Pd, dan Dr. Ardianto, M.Pd yang juga bertindak sebagai sekretaris dewan penguji. Sedangkan, dosen penguji a.n. Nuraini Rahayu masing-masing Dr. Delmus Puneri Salim, Ph.D, Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag, Dr. Edi Gunawan, dan Dr. Drs. Naskur, M.HI yang juga sekaligus bertindak sebagai sekretaris dewan penguji. 
Kedua mahasiswa yang diuji berhasil mempertahankan tesisnya dihadapan dewan penguji yang berlangsung dalam suasana akademik yang khidmat. Kedua mahasiwa yang turut didampingi oleh keluarga tampak sangat berbahagia. Usai pelaksanaan ujian, Masda Mohamad salah satu mahasiswa yang diuji menyampaikan bahwa prosesi ujian dengan model baru itu terasa sangat sakral dan agak menegangkan. “Berdiri di podium saat presentasi sungguh sangat menegangkan, tetapi saya sangat bersyukur karena dapat melalui semua tahapan ujian dengan baik”, ungkapnya. Sementara itu, Nuraini Rahayu  yang ikut didampingi oleh suami, anak-anak, orang tua, dan keluarganya tampil sangat elegan. Pertanyaan yang diajukan oleh para penguji dapat dijawab dengan baik. Bahkan, para penguji memuji kemampuan yang dimiliki oleh Nuraini Rahayu yang baru saja melahirkan putri keduanya.
Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Dr. Salma, M.HI yang ikut menyaksikan model prosesi ujian tesis mengapresiasi inovasi Program Pascasarjana. “Hal ini akan menjadikan proses ujian tesis berwibawa secara akademik”, katanya. 
Ujian tesis berakhir dengan ramah tamah berupa santap siang bersama sebagai ungkapan dan rasa syukur mahasiswa. Turut hadiri dalam ramah tamah tersebut Rektor IAIN Manado, Dr. Rukmina Gonibala. Rektor yang hadir didampingi Kepala Biro IAIN Manado dalam ramah tamah tersebut berpesan agar Program Pascasarjana secara berkelanjutan dan konsisten meningkatkan pengendalian mutu akademik. (it)   

Comments