Galeri‎ > ‎Dokumentasi‎ > ‎

Mahasiswa IAIN Manado Terima Kuliah Umum Professor Asal Jerman

diposting pada tanggal 21 Mar 2018 19.35 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui22 Mar 2018 09.06 ]
IAIN Manado – Pengembangan wawasan keilmuan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado melalui kuliah umum dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari dalam dan luar negeri merupakan program yang secara berkelanjutan dilaksanakan. Pada Sabtu (21/03/2018), IAIN Manado kembali menghadirkan Prof. Dr. Fritz Schulze, Guru Besar Georg-August-Universität Göttingen Jerman. Prof. Fritz yang concern meneliti pergerakan dan pemikiran Islam di Indonesia itu, membawakan materi kuliah umum bertajuk “Paradigma Sosial dalam Penelitian dan Perubahannya”. 

Dalam kuliah umumnya di hadapan mahasiswa S1 dan S2, Prof. Fritz menyampaikan perlunya pendekatan ilmu sosial secara interdisipliner dalam memecahkan permasalahan dalam masyarakat. Pendekatan yang dimaksud dapat berupa pendekatan bahasa, budaya, sosial, antropologi, dan lain-lain. “Dalam konteks penelitian sosial, pemahaman terhadap  budaya lokal dan budaya global sangat diperlukan”, tegasnya  

Kuliah umum yang berlangsung di Aula Rektorat IAIN Manado itu juga turut dihadiri oleh unsur pimpinan fakultas dan para dosen. Baik dosen maupun mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah umum Prof. Fritz yang didampingi oleh Direktur Program Pascasarjana, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd dan dipandu oleh Dr. Rosdalina Bukido, M.Hum. Hal tersebut tampak pada respon peserta kuliah umum pada sesi tanya jawab dimana para peserta aktif memberikan tanggapan dan pertanyaan. 

Menanggapi catatan salah seorang dosen, Dr. Arhanuddin Salim, alumnus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang menyoal tentang relatif rendahnya produktivitas dan kualitas Islamic Studies di Indonesia terutama pasa aspek publikasi ilmiah, Prof. Fritz yang juga merupakan salah satu professor tamu pada Program Pascasarjana IAIN Manado mengungkapkan bahwa pada dasarnya Islamic Studies di Indonesia sangat maju dan cukup berkualitas. Persoalan mendasarnya menurut Prof. Fritz adalah substansi artikel hasil penelitian dan penguasaan bahasa Inggris yang perlu ditingkatkan dari para peneliti sehingga hasil penelitian di bidang Islamic Studies dan penelitian sosial lainnya dapat dipublikasi dan dibaca oleh akademisi dalam kanca internasional. 

Di akhir acara kuliah umum, Direktur Program Pascasarjana, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd., mewakili Rektor IAIN Manado menyerahkan cenderamata kepada Prof. Fritz yang disambut dengan senang hati dan menyampaikan terima kasih atas undangan IAIN Manado. (at)      

Comments