Galeri‎ > ‎Dokumentasi‎ > ‎

PELEPASAN WISUDAWAN PASCASARJANA

diposting pada tanggal 25 Feb 2018 07.18 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui25 Feb 2018 08.48 ]
IAIN MANADO - Program Pascasarjana IAIN Manado, usai pelaksanaan wisuda di tingkat institut yang dihelat pada Kamis (22/02/2018) pagi hingga siang hari, melanjutkan kegiatannya berupa pelepasan wisudawan dan ramah tamah yang dilaksanakan pada Kamis (22/02/2018) malam. Kegiatan yang dilaksanakan bekerja sama dengan Forum Mahasiswa Program Pascasarjana (Formapas) IAIN Manado itu dihadiri oleh para wisudawan program magister berserta keluarganya.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Wahyuningsih Sutrisno, S.Pd.I dalam laporannya
menyampaikan bahwa kegiatan pelepasan wisudawan Program Pascasarjana ini terlaksana berkat dukungan para wisudawan yang secara penuh memberikan supporting pendanaan. Oleh karena itu, Wahyuningsih  yang juga merupakan sekretaris Forum Mahasiswa Program Pascasarjana (Formapas) IAIN Manado ini menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para wisudawan yang telah menunjukkan kerja sama dan dukungannya.

Sementara itu, Ketua Forum Mahasiswa Program Pascasarjana (Formapas) IAIN Manado, Tawil Asraka, S.E dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan pelepasan wisudawan merupakan salah satu program Formapas yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai wujud partisipasi mahasiswa dalam memberikan dukungan terhadap Program Pascasarjana. Selain itu, Tawil juga mengungkapkan bahwa kegiatan pelepasan wisudawan yang dirangkaikan dengan kegiatan ramah tamah ini merupakan ajang silaturahim di antara mahasiswa Program Pascasarjana terutama para lulusan atau alumni dengan mahasiswa yang sedang dalam proses penyelesaian studi. "Ke depan program Formapas akan lebih diorientasikan pada program-program yang mendukung sosialisasi dan pencapaian akreditasi program studi yang ada pada Program Pascasarjana", tegasnya.  

Dalam laporan akademik Program Pascasarjana yang disampaikan oleh Dr. Ardianto, M.Pd mewakili ketua program studi pada Program Pascasarjana diungkapkan bahwa persentase lulusan Program Pascasarjana pada tahun akademik 2017-2018 ini belum sesuai target yang diharapkan. Jika dilihat jumlah mahasiswa angkatan 2015-2016 yang ditargetkan selesai, data yang ada menunjukkan masih kurang dari 50% yang berhasil menyelesaikan studinya.

Direktur Program Pascasarjana, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada para wisudawan yang telah bersedia memberikan dukungan pendanaan sehingga kegiatan pelepasan wisudawan dan ramah tamah Program Pascasarjana dapat terlaksana. Ia juga secara khusus menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Formapas yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan.
Rivai Bolotio juga menyampaikan apresiasi kepada Rektor IAIN Manado yang turut hadir dalam kegiatan pelepasan wisudawan dan ramah tamah Program Pascasarjana itu.  
  
Rektor IAIN Manado, Dr. Rukmina Gonibala, M.Si yang juga turut memberikan sambutan dalam kegiatan
pelepasan wisudawan dan ramah tamah Program Pascasarjana itu mengungkapkan keharuannya atas capaian Program Pascasarjana yang telah menghasilkan lulusan untuk 4 Program Studi yang ada. Pembukaan Program Studi Strata Dua yang awalnya disangsikan oleh banyak pihak, menurutnya telah menjadi pemicu semangat untuk terus bekerja secara maksimal, tulus dan ikhlas. Hasilnya, secara perlahan Program Pascasarjana telah menunjukkan capaiannya yang relatif menggemberikan. "Tantangan ke depan yang harus segera disikapi dengan tanggung jawab moral yang tinggi adalah reakreditasi program studi pada Program Pascasarjana yang harus sudah rampung dikerjakan tahun 2018 ini", tegasnya.

Rukmina Gonibala juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran di Program Pascasarjana bahwa agenda reakreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang saat ini sudah dalam proses di BAN-PT harus segera disusul oleh 3 Program Studi lainnya yaitu Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, dan Program Studi Hukum Keluarga.

Dalam kegiatan pelepasan wisuda dan ramah tamah yang juga turut dihadiri oleh para dosen Program Pascasarjana itu juga diserahkan piagam penghargaan, antara lain piagam penghargaan sebagai alumni Program Pascasarjana, piagam penghargaan sebagai mahasiswa untuk kategori lulusan terbaik Program Pascasarjana yang diberikan kepada Saiful , M.Pd (Prodi MPI), piagam penghargaan sebagai mahasiswa untuk kategori lulusan terbaik Program Studi Pendidikan Agama Islam yang diberilan kepada Anis Rugaiyah, M.Pd, piagam penghargaan sebagai mahasiswa untuk kategori lulusan terbaik Program Studi Hukum Keluarga yang diberikan kepada Idham Paputungan, M.H, dan piagam penghargaan sebagai mahasiswa untuk kategori lulusan dengan ujian tesis terviral yang diberikan kepada Kalo Tahirun, M,H. Penghargaan pada kategori terakhir ini diberikan sebagai wujud penghargaan Program Pascasarjana kepada mahasiswa yang telah ikut berkontribusi memberikan sosialisasi Program Pascasarjana terhadap masyarakat luas melalui social media.

Kalo Tahirun yang mewakili wisudawan memberikan kesan dan pesan menyampaikan rasa terima kasihnya telah mendapatkan kesempatan menimba ilmu di Program Pascasajana IAIN Manado. Mewakili para wisudawan, ia mengisahkan lika-liku dan dinamika selama perkuliahan. Menurutnya, besar sekali jasa para dosen dalam menempa pendidikan bagi mahasiswa. Ia juga berjanji akan tetap memberikan dukungan terhadap pengembangan pendidikan pada Program Pascasarjana melalui sosialisasi kepada masyarakat luas. (ar)
  
 
Comments