Galeri‎ > ‎Dokumentasi‎ > ‎

Program Pascasarjana Selenggarakan Raker

diposting pada tanggal 6 Feb 2018 15.07 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui6 Feb 2018 23.42 ]
IAIN MANADO - Jelang Rapat Kerja (Raker) IAIN Manado yang dihelat pada 08 - 10 Februari 2018 mendatang, Program Pascasarjana IAIN Manado selenggarakan Raker, Selasa (6/2/2018), bertempat di ruang rapat Program Studi. Raker dipimpin oleh Direktur Program Pascasarjana dan diikuti oleh Ketua Program Studi, Pelaksana Tugas Kasubag TU Program Pascasarjana, Perwakilan Dosen, dan JFU. Mengevaluasi program kerja di tahun 2017, Direktur Program Pascasarjana, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd., menungkapkan bahwa pada dasarnya program kerja di tahun 2017 telah berjalan dengan baik. Beberapa program yang tidak terlaksana seperti International Conference disebabkan oleh adanya program efisiensi anggaran Kementerian/Lembaga sehingga kegiatan skala internasional itu batal dilaksanakan pada tahun 2017. 

Namun demikian, untuk tahun 2017, tegas Direktur “Program Pascasarjana menginisiasi pelaksanaan kuliah tamu, yaitu: 

  1. Kuliah Tamu bertajuk “Multikultural-Transdisipliner: Penguatan Visi dan Orientasi Pengembangan Keilmuan IAIN Manado” dengan narasumber Prof. Fritz Schulze dari Georg August Universität, Gottingen, Jerman. 
  2. Kuliah Tamu dengan narasumber Prof. Rohizani Yaakub dari Universiti Sains Malaysia, Malaysia. 

Selain itu, tahun 2017 juga dilaksanakan kegiatan konsinyering penyusunan borang akreditasi program studi Pendidikan Agama Islam dan borang akreditasi Program Pascasarjana yang dokumen telah dikirim ke BAN-PT. 

Dalam Raker yang berlangsung terbatas juga berhasil dirumuskan time line kegiatan untuk tahun 2018. Program Akreditasi Program Studi di tahun 2018 ini masih merupakan prioritas Program Pascasarjana. “Kita berharap pada tahun 2018 ini, empat prodi yang ada, masing-masing Prodi PAI, MPI, AS, dan ES telah berhasil direakreditasi dengan nilai maksimal”, pungkas Direktur. 

Selain, reakreditasi Program Studi, tahun 2018 ini juga kembali diprogramkan kegiatan berskala internasional yaitu International Postgraduate Research Conference (IPRC) yang telah sukses dilaksanakan pada tahun 2016 lalu. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada triwulan kedua sesuai time line kegiatan tahun 2018. 

Untuk rencana kerja tahun 2019, forum Raker Program Pascasarjana menyepakati beberapa program yang diusulkan menjadi program kerja Program Pascasarjana tahun 2019. Program Kerja tahun 2019 yang disepakati untuk diusulkan, yaitu:

  1. International Conference (program kerja tahunan)
  2. Kuliah Umum (1 kegiatan)
  3. Seminar Nasional Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Program Pascasarjana (1 Kegiatan) 
  4. Kuliah Tamu (4 kegiatan)
  5. Jurnal Berkala Ilmiah (2 Jurnal)
  6. Workshop Pembelajaran Berbasis Riset (peserta dosen)
  7. Workshop Metodologi Penelitian Berorientasi Transdisipliner (peserta dosen)
  8. Workshop Penulisan Artikel Ilmiah (peserta mahasiswa)
  9. Penulisan Buku Referensi atau Monograf Melalui Hibah Bersaing Dosen Program Pascasarjana
  10. Beasiswa Mahasiswa Unggulan S1 IAIN Manado
  11. Visiting Student (Asia Tenggara)
  12. Rapat Kerja (Raker) Program Pascasarjana Tahun 2019.  

Raker yang berlangsung terbatas itu ditutup oleh Direktur Program Pascasarjana dengan closing statement bahwa tahun 2018 ini Program Pascasarjana harus lebih optimal dalam menjalankan program. Oleh karena itu, ia menghimbau jajaran pimpinan program studi dan pelaksana administrasi untuk bekerja lebih maksimal untuk mendukung pencapaian target program khususnya program akreditasi program studi. (at) 

Comments