Galeri‎ > ‎Dokumentasi‎ > ‎

Rektor Buka Kegiatan Seleksi Calon Mahasiswa Program Magister Tahun Akademik 2018-2019

diposting pada tanggal 7 Agu 2018 18.51 oleh Ardianto Tola   [ diperbarui9 Agu 2018 07.51 ]
IAIN Manado - Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Senin (06/08/2018), memulai rangkaian kegiatan ujian seleksi
penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2018-2019. Kegiatan ujian yang terdiri dari ujian tulis dan lisan itu dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Manado, Dr. Rukmina Gonibala, M.Si. Dalam sambutannya, Gonibala menegaskan bahwa semua kegiatan akademik yang dilaksanakan termasuk seleksi penerimaan mahasiswa program magister harus mengikuti prosedur yang akuntabel dan dapat dipertangungjawabkan secara akademik. Ia juga berpesan agar proses ujian yang dilaksanakan sebagai salah satu tahapan penerimaan mahasiswa baru program magister dilaksanakan secara objektif agar dapat memperoleh hasil maksimal. “Para calon mahasiswa, perlu ketahui bahwa standar-standar dan prosedur pelaksanaan pendidikan yang dimiliki Program Pascasarjana IAIN Manado tidak kalah dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya”, ungkap Gonibala. Dengan standar dan prosedur yang dimiliki Program Pascasarjana ini, menurut Gonibala,  alumni Program Pascasarjana IAIN Manado memiliki standar lulusan yang sama dengan lulusan perguruan tinggi yang lain.

Sementara itu, Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd dalam

sambutannya mengungkapkan bahwa Program Pascasarjana terus berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas proses pendidikannya termasuk di antaranya ialah proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. Bolotio juga mengingatkan kepada seluruh calon mahasiswa yang mengikuti tes agar mengerjakan soal-soal ujian dengan baik sebagai bukti kesungguhan mengikuti program pendidikan magister di IAIN Manado. Ia juga menambahkan bahwa ujian seleksi yang dilaksanakan saat ini merupakan seleksi penerimaan tahap pertama. Program Pascasarjana masih membuka kesempatan mengikuti ujian seleksi penerimaan tahap kedua yang waktunya secara teknis akan diatur oleh panitia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Sosialisasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana IAIN Manado, Dr. Arhanuddin, M.Pd.I melaporkan bahwa calon mahasiswa yang mengikuti tes untuk tahap pertama ini sebanyak 35 peserta untuk empat pilihan program studi. Berkaitan dengan instrumen tes, Arhanuddin, mengungkapkan bahwa instrumen tes yang digunakan saat ini telah disusun sedemikian rupa oleh panitia agar dapat mengukur secara tepat standar input mahasiswa yang diterima. “Dalam kegiatan ujian lisan atau wawancara juga telah dikembangkan kisi-kisi ujian lisan atau wawancara yang dapat menilai secara komprehensif kompetensi calon mahasiswa sebagai assessment awal”, tegas Arhanuddin. (at)

Comments