Galeri‎ > ‎Dokumentasi‎ > ‎

Rektor Hadiri Ujian Kelayakan Tesis

diposting pada tanggal 23 Jan 2018 05.37 oleh Pascasarjana IAIN MANADO   [ diperbarui23 Jan 2018 05.39 ]
IAIN Manado - Ujian Kelayakan Tesis mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Manado, yaitu Verawati Mokoagow (Prodi Pendidikan  Agama Islam, Ferawati H. Mamonto (Prodi Pendidikan  Agama Islam, dan Masda Mohamad (Prodi Manajemen Pendidikan Islam) yang diselenggarakan pada Selasa (23/01/2018) turut dihadiri Rektor IAIN Manado, Dr. Rukmina Gonibala, M.Si. Rektor IAIN Manado yang juga turut menjadi penguji tesis hadir tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan. Ia berpesan agar Program Pascasarjana dapat melakukan pengendalian mutu karya ilmiah secara konsisten dan berkelanjutan sehingga karya ilmiah mahasiswa memenuhi standar akademik yang tinggi. Ia juga mengapresiasi upaya Program Pascasarjana menetapkan prosedur ujian kelayakan tesis sebelum mahasiswa mengajukan ujian tesis/gelar magister.

Hadir sebagai tim penguji kelayakan tesis adalah Dr. Rivai Bolotio, M.Pd (Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado), Dr. Muh. Idris, M.Ag (Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado), Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag. Dr. Ardianto, M.Pd, Sulaiman Mappiasse, Ph.D, Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I. Dr. Musdalifah Dachrud, M.Si, dan Dr. Husni Idris, M.Pd. Ujian kelayakan tesis dipimpin dipimpin oleh masing-masing Pembimbing I (utama) di bawah koordinasi ketua program studi.

Dalam ujian kelayakan naskah tesis yang berlangsung tertutup disepakati oleh masing-masing tim penguji ba
hwa tiga naskah tesis yang diuji dinyataan layak untuk diajukan ke sidang ujian tesis dengan beberapa catatan dan masukan yang harus dikerjakan oleh ketiga mahasiswa yang diuji.

Keputusan lainnya ialah bahwa abstrak tesis terutama abstrak dalam bahasa Inggris termasuk bahasa Arab harus divalidasi oleh
UPT Pengembangan Bahasa IAIN Manado. Sulaiman Mappiasse, Ph.D selaku Ketua UPT Pengembangan Bahasa IAIN Manado yang juga bertindak sebagai penguji kelayakan tesis menyampaikan bahwa terkait dengan validasi abstrak tersebut, UPT Pengembangan Bahasa telah menetapkan mekanisme dan prosedur validasi abstrak  (bahasa Inggris dan bahasa Arab) dan akan dikelola secara profesional oleh tim validator.

Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd dalam kesempatan ujian kelayakan tesis itu, kembali menegaskan bahwa Program Pascasarjana akan terus berupaya meningkatkan sistem penjaminan mutu tesis. "Ujian kelayakan tesis adalah salah satu mekanisme penjaminan mutu tesis", tegasnya.

Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam sekaligus Plt. Ketua Prodi  Manajemen Pendidikan Islam, Dr. 
Ardianto, M.Pd mengingatkan kepada mahasiswa untuk memperhatikan standar keilmiahan karya tesis, yakni  (a) ketepatan dan kesesuaian rumusan masalah/pertanyaan penelitian, deskripsi teori, paparan data, dan kesimpulan penelitian; (b) ketepatan metodologi penelitian yang digunakan; (c) relevansi teori dan kecukupan referensi yang digunakan; (d) kecukupan data penelitian; (e) kedalaman analisis dan kualitas pembahasan hasil penelitian; (f) originalitas penelitian (replikasi, duplikasi, atau plagiasi); (g) kaidah pengutipan/perujukan dan penulisan daftar pustaka; (h) sistematika penulisan tesis (kesesuaian dengan pedoman penulisan tesis); dan (i) penggunaan bahasa. (ri) 

Comments