Galeri‎ > ‎Dokumentasi‎ > ‎

Serba-serbi Persiapan Jelang Asesmen Lapangan AIPT

diposting pada tanggal 17 Feb 2019 07.35 oleh Ardianto Tola   [ diperbarui17 Feb 2019 08.07 ]
IAIN Manado - Menyambut visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado telah mempersiapkan segala sesuatunya. Visitasi tim asesor BAN-PT yang terdiri dari Prof. Dr. Arifuddin Ahmad , M.Ag. (UIN Alauddin Makassar), Dr. Udik Budi Wibowo, M.Pd. (Universitas Negeri Yogyakarta), Suparto, S.Ag., M.Ed., Ph.D. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Dr. Akhmad Rifai, M.Phil. (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) diagendakan berlangsung selama 3 hari, 17-19 Februari 2019.

Rektor IAIN Manado, Dr. Rukmina Gonibala, M.Si., meminta agar seluruh unit dan segenap unsur sivitas akademika berpartisipasi, mendukung, dan menyukseskan pelaksanaan akreditasi tersebut, sehingga IAIN Manado bisa berhasil mendapatkan nilai maksimal. Untuk itu, beberapa persiapan telah dilakukan mulai merapatkan barisan, perbaikan, dan kelengkapan portofolio hingga sosialisasi pada mahasiswa, staf pendukung, dosen dan pimpinan unit kerja.

Mengikuti arahan Rektor dan harapan publik utamanya para pengguna layanan pendidikan (mahasiswa)  terhadap status akreditasi institusi, Program Pascasarjana sebagai salah satu unit pelaksana pendidikan di IAIN Manado juga ikut serta berpartisipasi, mendukung, dan menyukseskan pelaksanaan akreditasi institusi yang baru pertama kalinya dilaksanakan sejak institusi perguruan tinggi ini berdiri se
cara otonom tahun 1997.

Serba-serbi persiapan jelang pelaksanaan AIPT yang dilakukan oleh Program Pascasarjana tampak dari berbagai kegiatan yang dilakukannya antara lain penataan arsip
data dokumen administrasi umum dan administrasi akademik, penataan ruang administrasi, ruang perpustakaan, ruang kuliah, dan ruang pimpinan.

Hal yang tidak kalah pentingnya dilakukan oleh Program Pascasarjana dalam persiapan menyambut pelaksanaan AIPT ialah penataan stand Program Pascasarjana di ruang utama pelaksanaan kegiatan akreditasi yang berada di gedung perpustakaan IAIN Manado.

Keterbatasan sumber daya yang ada tidak menyurutkan semangat dan antusiasme seluruh jajaran Program Pascasarjana IAIN Manado mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam AIPT. Hal tersebut tampak dari keterlibatan seluruh komponen sumber daya manusia yang dimilikinya mulai dari Direktur, Ketua Program Studi, Kasubag Tata Usaha, hingga staf menyatu padu dalam semangat yang sama dengan prinsip sederhana ‘bekerja bersama itu indah’.

Kebersamaan adalah aspek yang sangat penting dalam organisasi. Kebersamaan (togetherness) mampu mempersatukan, memberikan keamanan, dukungan, dan juga perasaan saling memiliki satu sama lain. Dengan begitu, tidak sulit menjawab pertanyaan ‘If you don't have money, what can you do?’.  (at)
Comments