Galeri‎ > ‎Dokumentasi‎ > ‎

Wawancara Calon Mahasiswa Program Magister Berjalan Lancar

diposting pada tanggal 10 Agu 2018 07.39 oleh Ardianto Tola
IAIN Manado – Pelaksanaan ujian lisan/wawancara dalam rangka seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Magister Program Pascasarjana IAIN Manado berjalan dengan lancar.

Wawancara yang berlangsung Selasa (07/08/2018) itu terbagi dalam tiga komponen materi, yaitu pertama, kebijakan makro dan mikro pengembangan institusi yang terdiri dari (1) wawasan tentang visi pengembangan pendidikan Islam dan (2) visibilitas pendanaan studi. Bertindak sebagai penguji untuk komponen ini adalah Direktur Program Pascasarjana, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd. Kedua,  pembidangan program studi dan rencana usul penelitian yang terdiri dari (1) isu-isu mutakhir dalam bidang program studi dan (2) pengembangan riset/rencana usul penelitian. Komponen ini diuji oleh masing-masing ketua program studi yaitu Dr. Drs. Naskur, M.HI (Kaprodi Hukum Keluarga dan Plt. Kaprodi Ekonomi Syariah) dan Dr. Ardianto, M.Pd (Kaprodi Pendidikan Agama Islam dan Plt. Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam). Dan, ketiga, motivasi studi dan orientasi pengembangan diri. Komponen ini diuji oleh Sulaiman Mappiasse, Ph.D (Dosen Program Pascasarjana) dan Dr. Musdalifah Dachrud, M.Si (Dosen Program Pascasarjana). 

Menanggapi hasil wawancara, Direktur Program Pascasarjana IAIN Manado, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd usai kegiatan wawancara mengungkapkan bahwa rata-rata calon mahasiswa telah mempersiapkan diri dengan baik. “Hal ini menunjukkan wujud
kesungguhan calon mahasiswa melamar menjadi mahasiswa peserta program magister pada Program Pascasarjana”, lanjut Bolotio. Ia juga menambahkan bahwa rata-rata mahasiswa telah mempersiapkan biaya perkuliahan sehingga kendala penyelesaian studi karena faktor finansial tampaknya tidak akan terjadi. 

Target yang ingin dicapai melalui kegiatan ujian lisan/wawancara dalam rangka seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Magister ialah identifikasi dan pemetaan karakteristik potensi dan kemampuan awal yang dimiliki calon mahasiswa. Berdasarkan identifikasi dan pemetaan itu Program Pascasarjana IAIN Manado dapat menentukan skala prioritas pengembangan program akademik bagi mahasiswa baru. Identifikasi dan pemetaan karakteristik potensi dan kemampuan awal calon mahasiswa ini perlu dilakukan agar program-program pengembangan akademik yang dilakukan lebih terukur dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa.

Kegiatan wawancara yang kegiatannya dipusatkan di gedung perkuliahan Program
Pascasarjana sangat antusias diikuti oleh para calon mahasiswa. Hal ini tampak dari kesetiaan mereka menunggu giliran wawancara. Para calon mahasiswa yang mengikuti wawancara itu sebelumnya telah mengikuti tes tulis.

Hasil wawancara akan diakumulasikan nilainya dengan hasil tes tulis untuk menjadi dasar pertimbangan kelulusan mahasiswa. (at)

Comments