Profil‎ > ‎

Kompetensi dan Profil Lulusan

KOMPETENSI LULUSAN

Program Pascasarjana sebagai unit pengelola program akademik di IAIN Manado berkomitmen melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi, yakni:

  1. Lulusan memiliki jiwa kepemimpinan, integritas, mandiri, profesional, kompetitif, dan bermoral. 
  2. Dalam bidang pendidikan lulusan memiliki kompetensi profesional pedagogis yang diimplementasikan pada sikap dan perilakunya sebagai pribadi dan warga masyarakat dalam penguasaan ilmu pengetahuan transdisipliner melalui metode ilmiah.
  3. Dalam bidang keilmuan lulusan program pascasarjana memiliki kompetensi dalam mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis multikultural-transdisipiliner dan mengaplikasikannya melalui berpikir kritis, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.

Ketiga elemen di atas dicapai dengan membangun budaya akademik, melalui peningkatan analytical ability, reading ability, learning ability, dan writing ability.

 

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Pascasarjana IAIN Manado sesuai dengan visi dan misi pendidikan yang diembannya, yaitu:

 

A. Peneliti

Program Pascasarjana adalah program akademik yang mengutamakan peningkatan mutu dan memperluas wawasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Sejalan dengan hakikat tersebut maka pendidikan Program Pascasarjana IAIN Manado berupaya membentuk Profil Peneliti yang mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan pengetahuan ilmiah yang dikuasai sesuai bidang keahlian sebagai acuan bagi pemecahan masalah-masalah kongkret dan faktual dalam realitas sosial multikultural yang dihadapi melalui kegiatan penelitian.
  2. Mampu memanfaatkan kemampuan profesional akademik dan intelektualnya yang dikuasai dalam kegiatan ilmiah sebagai landasan bagi pengembangan ilmu yang berorientasi multikultural-transdisipliner.
  3. Menguasai hakikat keilmuan, baik dari segi epistemologi, penyusunan teori maupun fungsi dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mampu melakukan kegiatan penelitian sesuai dengan prosedur keilmuan.
  5. Mampu mengembangkan perangkat penelitian dan melakukan kalibrasi instrumen penelitian.
  6. Mampu memperoleh dan menganalisis data, fakta dan informasi sesuai dengan kaidah-kaidah dan tujuan penelitian.
  7. Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian sebagai sebuah sintesis dan temuan baru yang original berdasarkan kaidah-kaidah, sistimatika, dan tata cara masyarakat ilmiah.
  8. Memperlihatkan etika keilmuan dalam melakukan kegiatan penelitian dan keilmuan.

B. Pendidik 

Salah satu disiplin keilmuan program studi yang dikembangkan dalam program akademik Program Pascasarjana IAIN Manado ialah disiplin ilmu pendidikan khususnya ilmu pendidikan Islam, sebagai bagian dari disiplin ilmu-ilmu sosial. Sejalan dengan hakikat tersebut maka lulusan Program Pascasarjana IAIN Manado mempunyai karakteristik sebagai berikut: 

  1. Mampu mentransfer pengetahuan dan kemampuan akademik-intelektualnya dalam upaya mentransformasikan kepribadian, sesuai dengan hakikat dan fungsi ilmu pendidikan Islam. 
  2. Menguasai paradigma pendekatan, konsep, prinsip serta teori yang relevan dengan bidang keahliannya. 
  3. Akrab dengan permasalahan dan isu serta karya dan pemikiran para ahli dalam kawasan keahliannya. 
  4. Mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan keahliannya untuk menemukan jawaban terhadap permasalahan yang kompleks. 
  5. Mampu menguasai dan menerapkan strategi, metode, teknik dalam khasanah ilmu pendidikan dalam rangka melakukan kegiatan pendidikan. 
  6. Mampu meningkatkan efektivitas pengajaran pengetahuan ilmiah dengan jalan mengoperasionalkan epistemologi keilmuan dalam proses belajar-mengajar yang memungkinkan peserta didik menguasai prosedur keilmuan dalam memperoleh, memproses, dan menyusun pengetahuan ilmiah (science in process). 
  7. Mampu meningkatkan efektivitas pengajaran pengetahuan ilmiah dengan jalan memfungsionalkan teori pengetahuan ilmiah dalam proses belajar-mengajar yang berfungsi mendeskripsikan, menjelaskan, memprediksikan, dan mengontrol gejala alam (science in action). 
  8. Mampu membimbing mahasiswa yang sedang melakukan dan menulis laporan penelitiannya. 
  9. Memperlihatkan etika profesi akademik-intelektualnya selaku pendidik dalam hidup kesehariannya.

C. Tenaga Ahli 

Program Pascasarjana IAIN Manado mengacu pada disiplin ilmu yang terhimpun dalam kelompok Program Studi. Sejalan dengan cabang keilmuan yang menjadi bidang keahliannya maka lulusan Program Pascasarjana IAIN Manado mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan, teknologi dan seni yang menjadi bidang keahliannya dalam kinerja profesional.
  2. Mampu memanfaatkan pengetahuan, teknologi dan seni yang telah dikuasai sebagai landasan bagi pengembangan ilmu sebagai bidang keahliannya.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan, teknologi dan seni yang menjadi bidang keahliannya sebagai acuan dalam memecahkan berbagai permasalahan yang berkembang dalam masyarakat.
  4. Memperlihatkan keseimbangan antara kemampuan teknis (technical competence) dan kemampuan manajerial (managerial competence) dalam kinerja profesionalnya.
  5. Menguasai kemampuan dasar yang kuat yang memungkinkan fleksibilitas dalam pengembangan profesi.
  6. Memperlihatkan etika profesi akademik-intelektual yang sejalan dengan bidang spesialisasinya dalam kinerja profesionalnya.

D. Praktisi 

Berdasarkan disiplin ilmu yang dikembangkan pada Program Pascasarjana IAIN Manado, maka lulusan Program Pascasarjana juga melahirkan profil praktisi yang mampu menerapkan keilmuannya secara praktis di tengah-tengah masyarakat. Adapun karakteristik profil lulusan secara spesifik adalah:

  1. Mampu menjadi pengelola pendidikan agama Islam berbasis multikultural-transdisipliner di tengah-tengah masyarakat.
  2. Mampu menjadi supervisor manajemen pendidikan Islam di tengah-tengah masyarakat multikultral melalui pendekatan transdisipliner.
  3. Mampu menjadi konsultan dan pengembang ekonomi syari’ah pada dimensi multikultural dengan pendekatan transdisipliner.
  4. Mampu menjadi konsultan hukum keluarga baik di tengah-tengah masyarakat maupun lembaga-lembaga hukum keluarga Islam di Indonesia melalui pendekatan multikultural-transdisipliner.
Ċ
Pascasarjana IAIN MANADO,
10 Jan 2018, 22.07
Comments